Satu Warga Malut Positif Corona

Keluarga Pasien 01 saat dijemput petugas medis dibawah ke RSU CB Ternate. foto Ollong.

TERNATE-PM.com, Satu pasien 01 warga Kota Ternate provinsi Maluku Utara (Malut) dinyatakan positif Corona (Covid-19), setelah dilakukan uji spesment di balai laboratorium Kesehatan di Jakarta yang dikirim pada Rabu 18 Maret 2020 dan hasilnya baru disampaikan pada Senin (23/03/2020).

Juru bicara Covid-19 Malut dr. Rosita Alkatiri didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Malut dan Kepala Biro Protokoler Kerjasama Komunikasi Publik Setda Malut, Muliadi Tutupoho, di Posko Penanganan Covid-Malut, senin (23/03/2020), menyampaikan, pasien 01 saat ini dalam kondisi sangat sehat bahkan tidak ada gejala-gelala, sehingga pasien tersebut diisolasikan di rumah dengan menggunakan alat pelindung diri, namun hasil uji laboratorium baru keluar sehingga pasien 01 langsung di jemput untuk di isolasi kembali.

"Kondisi pasien 01 dalam kondisi sehat, saat ini tidak ada gejala-gejala, sehingga pasien saat ini sudah diisolasi, dan akan dilakukan pemeriksaan ulang, karena satu pasien minimal dua kali pemeriksaan untuk kirim ulang, pasalnya spesment diambil tanggal 18 maret sampai saat ini sudah melewati masa inkubasi,” kata Rosita.

Menurutnya selain pasien 01 yang diisolasi, keluarga pasien juga telah dilakukan isolasi dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, bahkan dilingkungan pasein juga langsung dilakukan pembersihan dengan penyemprotan disfektant.

"Keluarga pasien juga telah diamankan untuk dilakukan pemeriksaan, lingkungan pasian 01 juga telah dilakukan penyemprotan disfektant,”katanya.

Rosita menambahkan, sampai saat ini julmah orang dengan Isolasi Diri Mandiri (IDM) sebanyak 309 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7 orang dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan 5 orang.

"Jumlah orang dengan isolasi diri mandiri meningkat, karena dilakukan screning di pintu masuk baik bandara maupun pelabuhan, begitu juga OPD dan PDP," tambahnya.

Ia mengimbau pada masyarat Malut agar tetap tenang, jangan panik, tetap melakukan waspada mandiri dengan mendiamkan diri rumah untuk melindungi keluarga dari sebaran covid-19. (iel/red)

Komentar

Loading...