Sebanyak 5.386 KK Di Halbar Terima BST

Kepala Dinas Kominfo, Kehumasan Statistik dan Persandian Halbar, Chuzaemah Djauhar

JAILOLO-PM.com, Sebanyak 5.386 Kepala Keluarga (KK) yang memiliki keterbatasan ekonomi, serta terdampak covid-19 di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menerima Bantuan Langsung Tunai (BST). Bantuan ini merupakan hasil tindaklanjut Video Conference (Vicon) antara Bupati Halbar Danny Missy, dengan Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara bersama Gubernur Malut serta para Bupati/Walikota se Malut, bulan april 2020 lalu.

Kemensos melalui Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin, saat ini sudah mulai menyalurkan bantuan tersebut kepada warga Masyarakat Halmahera Barat yang terdampak Covid 19.

Kadis Kominfo Halbar, Chuzaemah Djauhar, kepada wartawan Rabu. (13/05) mengatakan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Halbar ini berjumlah 5.386 KK, dengan nilai bantuan Rp 600 ribu per KK selama tiga bulan, yakni  April, Mei, dan Juni. "Jika ditotal, nilai bantuan Bantuan yang disalurkan Kemensos di Halbar sebesar Rp 3,2 milyar lebih.
Sesuai surat Dirjen Penanganan Fakir Miskin, Kemensos RI nomor: 1605/6.DI.01/04/2020 tertanggal 17 April 2020 yang diterima Pemda Halbar," jelasnya.

Ia juga mengatakan, penyaluran bantuan ini menyasar keluarga miskin, keluarga tidak mampu yang bekerja di sektor informal yang terdampak Covid 19, yang telah terinput dalam basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI.  "Seperti Buruh di pelabuhan, kulit bangunan, petani, nelayan, penarik ojek, bentor, ABK Speed boat dan lain-lain, yang pendapatan penghasilan atas pekerjaannya terganggu atau terhenti akibat Covid19,"  ujarnya.

Dalam surat yang ditanda tangani Dirjen Penanganan Fakir Miskin, Asep Sasa Purnama tersebut, ditegaskan bahwa,  KPM penerima bantuan ini adalah Kepala Keluarga yang belum tercover dalam Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) atau program pangan serta Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos RI. Teknis penyaluran bantuan ini, Kemensos telah menunjuk bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) dan PT. Pos Indonesia sebagai penyalur.

"Adapun bank yang tergabung dalam  Himbara yang ditunjuk Kemensos untuk mencairkan BST adalah bank BNI sebanyak 74 KPM, bank BRI 203 KPM, dan PT. Pos Indonesia 5.109 KPM yang terbagi dalam dua tahap, pertama; 4.968 KPM dan kedua; 141 KPM," ucapnya. Lounching penyaluran Bansos Tunai tersebut secara simbolis telah di lakukan di Kantor Pos Jailolo, Jumat (7/5) akhir pekan kemarin dan saat ini penyaluran ke KPM telah dilakukan. (wm01/red)

Komentar

Loading...