poskomalut.com
baner header

Sehari, Jaksa Tahan Dua Tersangka

TERNATE-PM, Sehari, Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate menahan dua tersangka dalam kasus yang berbeda, yakni berinsial GS (28) alias Gun. GS adalah tersangka tindak pidana percobaan pemerkosaan terhadap salah satu Mahasiswi beriniasl KL pada 09 September 2019 sekitar pukul 23 : 40 WIT, di Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Ternate. Penahanan terhadap GS ini setelah Kejari menerima berkas tahap II dari Polsek Ternate Pulau.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan berkas penyidik, sudah cukup bukti bahwa terdakwa diduga keras melakukan tindak pidana sehingga yang bersangkutan ditahan. Jika tidak ditahan, dikhawatirkan akan melarikan diri, merusak dan menghilangkan barang bukti atau mengulang tindak pidana,” ujar Plh Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Ternate Zubaidi S Mansur, Senin (28/10) kemarin.

Diketahui, tersangka GS alias Gun ini diduga telah melakukan pencabulan terhadapa korban berinsial KL saat mengajak korban ke jalan belakang Jambula. Tersangka kemudian memaksa korban membuka pakaian korban lalu (maaf) meramas dan menghisap payudara hingga korban berteriak.

“ Dalam kasus ini diatur dalam pasal 289 KHUP yang berbunyi barangsiapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seseorang melakukan atau membiarkan dilakukannya perbuatan cabul, dihukum karena melakukan perbuatan menyerang kehormatan kesusilaan dengan pidana selama-selamanya sembilan tahun penjara” tegasnya.

Selain menahan tersangka percobaan pemerkosaan tersebut, Kejari juga menahan tersangka RA (33) alias ijal dalam kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Tersangka ijal tanpa hak melakukan tindak pidana perbuatan melawan hukum, menguasi, membeli, memiliki, atau penyalahgunan narkotika golongan I jenis ganja sebanyak 3 sachet dengan seberat 1,0336 gram bertempat di Kelurahan Kampung Makasar, Ternate Tengah, Senin 23 September 2019.

“ Baik tersangka GS alias Gun maupun RA alias ijal, keduanya akan dilakukan penahanan di Rutan Kelas II B Ternate selama 20 hari, terhitung 28 Oktober hingga 16 November 2019 mendatang. Proses hukumnya selanjutnya akan dilimpahkan ke persidangan guna diperoses lebih lanjut,” jelas Zubaidi.

Diketahui kasus percobaan pemerkosaan Mahasiswi tersebut dengan tersangka GS alias Gun sebelumnya sempat melarikan diri ke Kabupaten Halmehara Barat (Halbar). Namun pelarian GS ini tidak membutuhkan waktu lama bagi Polsek Ternate Pulau di bawah komando Kapolsek IPTU Mardiyono. Tersangka berhasil diringkus, Senin 23 September 2019 saat hendak menuju ke Susupu, Kecamatan Sahu, mengunakan sepeda motor. Tersangka digiring dari Halbar menuju Ternate dan langsung dijebloskan ke tahanan milik Mapolres Ternate. (sam/red)

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Selasa 29 Oktober 2019, dengan judul ‘Sehari, Jaksa Tahan Dua Tersangka’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: