Sekda Halut Tutupi Penjualan Alat Berat Aset Daerah Tanpa Dokumen

Ilustrasi Alat Berat

TOBELO-PM.com, Alat berat berupa Mobil Doser hibah PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) ke Dinas Tata Kota dan kebersihan Pemerintah Kabupaten Halut tahun 2014 disenyalir ada dugaan telah dijual tanpa dokumen. Hal itu Sekretaris Daerah (Sekda) Halut Erasmus Jhosep Papilaya ikut menutupi penjualan aset daerah tersebut.

Pasalnya, Sekda turut menyangkal bahwa alat berat yang diperjualbelikan itu, bukan aset daerah sebab tidak tercatat dalam aset daerah. Padahal alat berat tersebut pemberian hibah dari CSR PT NHM ke Dinas Tata Kota dan Kebersihan Pemkab Halut pada tahun 2014, tentunya alat berat itu merupakan aset daerah.

Sekda Halut Erasmus Jhosep Papilaya saat dikonfirmasi terkait penjualan alat berat yang merupakan hibah dari PT NHM ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halut tidak ada penjualan. Bahkan disetiap OPD tidak ada aset yang dijual, karena aset yang tercatat itu milik daerah.

"Disetiap OPD, tidak ada aset yang dijual, Karena aset tercatat sebagai Barang milik Daerah, Barang yang bukan aset berarti milik perorangan, unit tertentu yang diatur sesuai maksudnya, untuk alat berat itu memang barang barang tahun lalu kurang diperhatikan," ujarnya.

Sementara salah satu Pengusaha Besi Mas Ulis saat dikonfirmasi terkait alat berat milik DLH itu, dirinya pernah ditawarkan oleh seseorang untuk membayar alat berat milik DLH, namun dirinya tidak berani membayar alat berat itu, sebab alat berat itu tidak memiliki dokumen.

"Setahu saya itu bukan dijual ke saya, barang itu sempat ditawarkan ke saya, tapi saya tidak berani karena tidak ada dokumen, mungkin barang itu telah dijual ke pengusaha besi lain," Akhirinya.(Mar/red)

Komentar

Loading...