Selama Tahun 2020 DPRD Halut Hanya Hasilkan Satu Perda

ilustrasi

TOBELO-PM.com, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) selama tahun 2020 rupanya hanya menghasilkan satu peraturan daerah (Perda). Itupun hanya terkait Perda tentang Tera Barang. Padahal Kabupaten Halmahera Utara memiliki sejumlah problem yang harus diatur dalam Perda.

Perda tera barang itu, baru saja disahkan melalui Rapat Paripuna Selasa (09/02/2021) di gedung Bangsaha DPRD Halut. Selain mengesahkan Perda Tera Barang, DPRD juga membahas empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yaang dipimpin ketua Ranpimperda DPRD Halut Irwan Djam.

Pekan Depan rapat Paripuna akan dilanjutkan dengan membahas Ranperda Rumah Potong Hewan bersama dengan Dinas Pertanian. Rapat paripurna pertama ini akan ada tiga Ranperda yang akan disahkan.

Ketua Mapin Perda DPRD Halut Irwan Djam saat di temui wartawan di kantor DPRD Halut menjelaskan, Mapin Perda sudah bekerja sama dengan akademisi perguruan tinggi yakni Universitas Khairun Ternate (Unkhair) Fakultas Hukum.

"Bukan hanya di Unkhair tetapi kami juga akan bekerja sama dengan akademi Universitas Muhammadiyah Maluku  (UMMU) Fakultas Hukum. Di tahun 2021, Irwan berjanji bakal mendorong sekitar empat Perda termasuk perda tetang retribusi. Kami akan usahakan di tahun 2021 ini empat perda harus kami selesaikan” tandasnya.

Lanjut Irwan, Perda tentang Rumah Potong Hewan dan Tera barang tersebut masuk dalam program tahun 2020 dan baru disahkan di awal tahun 2021, untuk di tahun 2021 DPRD Halut akan mengesahkan sekitar empat ranperda itupun di kondisikan dengan pagu anggaran yang ada.

"Untuk Revisi Perda PDAM sudah dilakukan DPRD Halut pada minggu kemarin sehingga hari ini hanya satu perda yang kemudian di sahkan oleg DPRD Halut," akhirnya. (mar/red)

Komentar

Loading...