poskomalut.com
baner header

Sepekan Ditresnarkoba Polda Malut Ungkap Empat Kasus Narkoba

TERNATE-PM.com, Direktorat Reserse Narkotika (Ditresnarkoba) Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) kembali mengungkap kasus penyalahgunaan Narkotika yang terjadi di kota Ternate.

Saat dilakukan konferensi Pers di Aula Polda Malut pada Selasa, (11/02/2020) didampingi Kabid Humas Polda Malut, Adip Rojikan, Wadir Resnarkoba AKBP Wahyu Agung Jatmiko, mengatakan dalam kurung waktu hampir dua minggu yang terhitung dari tanggal (01/02/2020) sampai (11/02/2020) Ditresnarkoba menerima empat Laporan Polisi (LP) dengan jumlah tersangka lima orang.

Kelima tersangka yang diamankan diantaranya, SA Alias S, (40) berprofesi sebagai Wiraswasta diamankan di jalan kompleks Pelabuhan Feri Bastiong Kelurahan Bastiong, Ternate Selatan, barang bukti yang diamankan, satu sachet plastik kecil diduga berisi Narkotika jenis Shabu dengan berat 0,14 Gram. Beriktunya Tersangka RN Alias A (23) berprofesi sebagai honorer di Samsat Kota Ternate, diamankan di warung depan Gereja Advent Kelurahan Tanah Tinggi Ternate Selatan, dengan barang bunkti satu sachet plastik kecil diduga berisi Narkotika jenis Shabu seberat 0,32 Gram, enam sachet plastik diduga bekas pembungkus Narkotika jenis Shabu, satu buah pireks kaca dan satu buah korek api gas warna hijau.

Tersangka MH alias F (24) yang berprofesi sebagai mahasiswa diamankan di depan parkiran THM Q-Beat Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah dengan barang bukti (babuk) satu sachet plastik kecil diduga berisi narkotika jenis shabu dengan berat 0,34 GRAM, satu buah pireks kaca, satu buah Bong, satu skop yang terbuat dari sedotan plastik warna pink, satu buah jarum sumbu, satu buah alat pembersih pireks kaca, dua buah bekas potongan sedotan plastik, satu buah korek api gas warna merah, satu buah gunting, satu buah silet dan satu lembar tissue.

Sedangkan dua tersangka yang diamankan dengan inisial MA, alias F (33) Swasta (residivis kasus yang sama) dan RM Alias M (27) pengangguran. Kedua pelaku di amankan di Rutan Kls II B Ternate Kelurahan Jambula Kecamatan Ternate Pulau dengan babuk lima sachet kecil narkotika jenis ganja dengan berat 6,73 GRAM, satu buah batu dan Lakban warna hitam bekas lilitan pembungkus Ganja kering.

“Yang kami hadirkan di konferensi pers hannyalah tiga orang, karena dua tersangka lainnya sementara berada di Rutan dan statusnya adalah warga binaan Rutan dan proses penyelidikannya sampai sekarang masih berjalan,” ungkap AKBP Wahyu Agung .

Dari beberapa LP berdasarkan keterangan tersangka yang masih di dalami proses penyelidikannya mengarah pada bukti transfer yang sudah di kantongi Ditresnarkoba dan operatornya berasal dari Lapas kelas II Ternate.

“Ini bisa kita buktikan dan ada beberapa nama yang membelinya melalui transfer ke salah satu rekening. Secara teknis juga akan kita dalami dan sampai saat ini anggota kita masih berada di Jakarta untuk mendalami kasus ini,” tegasnya.

Sementara itu, barang bukti yang diamankan juga dihadirkan dalam konferensi tersebut yang digunakan oleh tersangka untuk memberikan narkotika dari luar ke dalam Rutan kemudian selanjutnya diambil oleh warga binaan yang berada di dalam Rutan. Pelaku yang melakukan aksi tersebut juga merupakan residivis dalam kasus yang sama, yaitu Narkotika jenis ganja.

“Ini adalah barang bukti yang di lempar dari luar ke dalam Rutan menggunakan batu yang dilakukan oleh tersangka dengan inisial R,” ujarnya.

Menurut AKBP Wahyu Agung, pengungkapan kasus tersebut juga merupakan hasil kerja sama yang dilakukan Ditresnarkoba bersama Rutan Kelas II Ternate untuk mengungkap kasus yang sama dan sementara dalam proses penyelidikan.

Modus yang gunakan oleh pelaku adalah melemparkan barang bukti (Ganja) ke dalam Rutan dan kemudian diambil oleh salah satu Napi.

“Pelaku inisial A sudah mendapatkan putusan yang kedua dengan kasus yang sama, sedangkan pelaku inisial N yang menyuruh saudara A untuk mengambil barang sudah mendapatkan tiga kali putusan pengadilan. Pelaku memang merupakan residivis pada kasus yang sama yaitu Narkoba,” tutupnya. (OP-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: