SKD di RSU Weda Dipatok Rp.65 Ribu

Pembuatan SKD di RSU Weda

WEDA-PM.com, Biaya pembuatan surat keterangan sehat dari dokter (SKD) Rumah Sakit Umum (RSU) Weda, dipatok Rp. 65 ribu. Harga ini menurut warga terlalu mahal. Sebab, tidak semua yang mengurus SKD orang dengan latar belakang ekonomi menengah ke atas.

"Tidak semua yang mengurus SKD itu orang mampu. Kita keluar daerah karena ada keperluan keluarga bukan sekedar jalan tanpa tujuan. Karenanya biaya pengurusan SKD itu harus diturunkan,"ucap warga yang hendak ke ternate saat mengurus SKD, Kamis (28/5) kemarin.

Direktur RSUD Weda Safril Samiun, dikonfirmasi menjelaskan, biaya SKD memang sesuai peraturan daerah (Perda) retribusi Rumah Sakit. Ia menyatakan, dalam perda tersebut mengatur biaya pembuatan SKD sebesar Rp. 65 ribu.

"Jadi harga itu rinciannya adalah loket pendaftaran Rp. 5 ribu, pemeriksaan dokter Rp. 25 ribu, perawat Rp10 ribu, dan SKD Rp. 25 ribu,"kata Dirut RSU Weda.

Lain harga lagi, apabila yang mengurus SKD tetapi tidak tahu golongan darahnya maka harus menambah lagi Rp. 15 ribu. "Kalau belum ada golongan darah berarti semuanya Rp. 80 ribu, karena pemeriksaan Golongan darah Rp. 15 ribu,"jelasnya.

Dirut sampaikan, SKD itu hanya berlaku selama satu minggu sesuai petunjuk dari Dinas Kesehatan. "Masa kadaluarsa SKD ini selama satu minggu,"ujarnya. Seraya menyatakan, biaya retribusi SKD ini waktu Ia masuk sudah seperti itu. (msj/red)

Komentar

Loading...