Soal Perda Pariwisata, Komisi III DPRD Haltim; Dispar Harus Pahami RIPPDA

Ketua Komisi III DPRD Haltim, Ashadi Tajuddin.

MABA-PM.com, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang didesak oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Hardi Musa. Langsung ditangapi Ketua Komisi III DPRD Haltim Ashadi Tajuddin.

Dirinya mengatakan, soal Ranperda, Pemda Haltim khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pahami dulu soal RIPPDA sehingga tidak terkesan menuding bahwa DPRD lambat membahas perda tersebut.

"Soal Ranperda ada bebarapa tahap belum selesai termasuk studi banding dan sosialisasi. Belum lagi soal penetapan kawasan parawisata, apakah sudah sesuai dengan tata ruang kita atau belum," kata Ashadi saat dikonfirmasi (20/01/2021).

Baginya, soal pembahasan Ranperda harus dibutuhkan kajian bersama antara pemerintah daerah dan anggota DPRD. Tapi, kata dia, Pemda harus lebih berperan aktif bukan sebaliknya.

"Ini butuh kajian dan pembahasan bersama, lagian Perda RIPPDA menjadi inisiatif pemerintah daerah sehingga seharusnya yang lebih berperan aktif bukan DPRD," ujar Ashadi.

Ashadi menegaskan, kalau maunya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selesaikan Ranperda tersebut, jangan hanya asal berkomentar. Tetapi harus menyurat BAMPERDA DPRD untuk mengatur jadwal pembahasan sehingga tidak terkesan menyalahi dan harus pahami betul soal RIPPDA.

"Kalau mau selesai jangan hanya komentar tapi yang harus dilakukan adalah surati BAMPERDA dan atur jadwal pembahasan, bukan lagi saling menuding dan bahkan terkesan menyalahkan DPRD yang konon katanya lambat dalam merespon itu, pahami dulu alur RIPPDA," tegasnya, seraya menambahkan, pemerintah daerah harus lebih kooperatif lagi bukan DPRD. (Ris/red)

Komentar

Loading...