Soal Unggahan Rizal Marsaoly, JPPR Malut Minta Bawaslu Tegas

Ketua Bidang Data dan Informasi JPPR Maluku Utara, Yuhlif Assagaf.

TERNATE-pm.com, Unggahan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Rizal Marsaoly pada Instagram Story beberapa waktu perihal Anis Baswedan yang dideklarasikan Partai NaDesm sebagai bakal calon Presiden 2024 turut mengundang reaksi keras dari Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Maluku Utara.

Ketua Bidang Data dan Informasi JPPR Maluku Utara, Yuhlif Assagaf meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate secepatnya mengambil langkah tegas kepada Rizal yang diduga terlihat politik praktis menjelang Pemilu 2024.

"Bawaslu harus tegas, jangan membiarkan oknum-oknum tertentu menggunakan jabatannya untuk kepentingan Partai Politik tertentu," ucapnya, Jumat (07/10/2022).

Yuhlif menyatakan, peristiwa semacam ini sering terjadi beberapa tahun belakangan saat momentum Pemilu.

"Kita semua menginginkan hal-hal semacam ini tidak terjadi, jika kita menginginkan Pemilu 2024 itu berkualitas, jujur dan adil. Akan tetapi kalau Bawaslu masuk angin dan membiarkan, maka JPPR sangat yakin hal semacam ini akan terjadi lagi," ucapnya.

Ia menambahkam, sudah jelas larangan pegawai negeri berpolitik praktis diatur dalam Pasal 2 huruf f Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

"Ditambah lagi PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS, PNS dilarang memberi dukungan atau melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis pada kontestasi Pilkada/Pileg/Pilpres," tandas Ulief.

Komentar

Loading...