Spirit Bangsa Pelaut Iringi Pelepasan Kontingen Dayung Maluku Utara di Kejurnas Cipule

Pelepasan kontingen dayung Maluku Utara secara resmi oleh Sultan Ternate, Hidayatullah Sjah dan Ketua Umum Koni Malut, Djasman Abubakar di Karaton Ternate, Senin (5/12/2022) malam.

TERNATE-pm.com, Sebanyak delapan atlet Cabang Olahraga (Cabor) Dayung Maluku Utara akan bertanding pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung Cipule Purwakarta, Jawa Barat pada 08-18 Desember 2022.

Keberangkatan kontingen dayung Maluku Utara menuju arena Jawa Barat pada Selasa 6 Desember, dilepas secara resmi oleh Sultan Ternate, Hidayatullah Sjah dan Ketua Umum Koni Malut, Djasman Abubakar di Karaton Ternate, Senin (5/12/2022) malam.

Sultan Hidayahtullah Sjah selaku Penasehat Pengurus Dayung Seluruh Insonesia (PODSI) Maluku Utara dalam sambutannya menitipkan spirit Bangsa Pelaut kepada para atlet yang akan bertanding membawa nama baik daerah pada level nasional.

Ia mengatakan, semangat yang dibangun atlet dayung Maluku Utara sebagai daerah dengan karakter masyarakat pesisir, harus mampuh meraih prestasi gemilang dari provinsi lain di Indonesia.

Meski begitu, ia juga mengakui mencari atlet dayung di Maluku Utara terbilang sulit. Pasalnya, salah satu kategori yang dilihat yakni postur tubuh yang harus gaku (tinggi).

"Namun bukan berarti adik-adik atlet tidak bisa mariah prestasi. Saya yakin, keluar dari kadaton, nanti pulang bawa prestasi," ucapnya.

"Terpenting itu jangan terkontaminasi dengan materi. Olahragawan atau atlet ketika terkontaminasi dengan materi fisiknya akan melemah, karena pikirannya sudah terganggu," sambungnya.

Ia berpesan kepada para atlet untuk menanamkan dalam benak mereka bahwa kemangan adalah fokus utama. Ia juga meminta para atlet menjadikan slogan horu saat bertanding nanti.

"Tidak usah malu. Slogan horu itu semacam sugesti yang untuk mendatangkan kekuatan, dan terbukti pendahulu kita pakai itu (horu), 72 pulau besar bisa ditempuh dengan mendayung," tuturnya.

Sementara, Ketua Umum KONI Malut, Djasman Abubakar memberikan apresiasi kepada pengurus PODSI, meski di tangah keterbatasan anggaran secara mandiri mengukiti Kejurnas di Jawa Barat.

Lanjutnya, KONI Malut tentu tidak menutup mata kepada Cabor dayung. Pasalnya, kata dia, sesuai dengan visi yang diusung, KONI Malut harus menjadi rumah yang nyaman bagi seluruh cabang olahraga termasuk dayung.

"KONI akan berpatisipasi dalam rangka ikut serta membangkitkan prestasi olahraga di Maluku Utara," katanya.

"Kepada para atlet dayung, jangan takut bersaing dengan provinsi lain. Yakin bahwa kita juga bisa meraih prestasi," sambungnya.

Komentar

Loading...