Tahun Politik, Panwas Weda Selatan Intens Cegah Mobilisasi Massa

WEDA-pm.com, Setiap kali memasuki momentum politik, Kecamatan Weda Selatan selalu menjadi sorotan.

Pasalnya, ada dugaan mobilisasi massa yang kencang dilakukan oknum-oknum yang bekepentingan pada pemilihan umum legislatif dan kepala daerah.

Pantiai Pengawas (Panwas) Kecamatan Weda Selatan, Jeplin George Maitimu mengatakan sebagai lembaga yang mengawasi dan mengawal proses pemilu bersih, pihaknya melakukan langkah pencegahan mobilisasi masa dari Halsel ke Halteng.

“Begitu juga dengan Aparatur Sipil Negara yang kerap terlibat dalam politik praktis,” tuturnya.

Dirinya menyebut isu terkait mobilisasi massa saat ini tidak terlalu kencang.

"Selaku lembaga pengawasan, kami aktif melakukan patroli kawal hak pilih dalam upaya pencegahan soal isu mobilisasi masa, mengingat Weda Selatan ini adalah daerah perbatasan Halmahera Tengah dan Halmahera Selatan,” ungkapnya.

Lanjut George, pihaknya juga mengingatkan para ASN, kepala kepala desa dan perangkatnya melalui kegiatan sosialisasi tentang larangan terlibat politik praktis sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang No 7 tahun 2017 dan Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Senada Takdir, Devisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat mengatakan bahwa langkah pencegahan yang diupayakan saat ini merupakan bentuk komitmen pengawasan selaku lembaga pengawas di tingkat kecamatan.

Menurut takdir, langkah pencegahan terkait isu mobilisasi itu untuk saat ini berjalan baik, dan pihaknya juga tidak segan-segan memberikan sanksi jika ada ASN yang terlibat dalam politik praktis.

“Sebab prinsip dasarnya kehadiran ASN adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan memberikan kenyamanan kepada semua pihak dengan melakukan ketidakberpihakan pada siapapun saat pemilu mendatang,“ tegasnya.(mg01)

Komentar

Loading...