Tak Ada Pelayanan Air Bersih Ke Warga Kastela Kota Ternate

Fandi Dahrun

TERNATE-PM.com, Ketua DPK KNPI Ternate Pulau Fandi Dahrun menilai pemerintah kota Ternate tidak serius memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat Kelurahan Kastela. Pasalnya, Kelurahan Kastela yang merupakan daerah tanah berbatu (Domato) sangat sulit membuat sumur pribadi.

"Apalagi masyarakat yang berada di ketinggian yang jauh dari mata air kesulitan mendapatkan air bersih. Warga pun hanya memakai air seadanya dengan membeli air profil dan menampung air hujan,"tegas Fandi, kepada Poskomalut.com, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, warga telah sampaikan ke pihak Kelurahan dan telah disampaikan pada Musrembang Kecamatan, namun sampai ini belum ada kejelasan. Bahkan pihak PDAM beralasan jumlah pelanggan belum memenuhi persyaratan untuk menyalurkan air bersih ke kelurahan Kastela.

"Alasan PDAM tidak normatif seharusnya sebagai perusahaan daerah pemerintah kota harusnya mencari solusi untuk kebutuhan air bersih, karena kebutuhan air merupakan kebutuhan dasar masyarakat,"ujarnya.

Disisi lain Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Ternate Abdul Gani Hatari kepada Poskomalut.com mengaku, di wilayah Kastela sudah ada penyaluran PDAM. Karena sudah ada pelanggan pemasangan, apalagi penyaluran pemasangan air PDAM sudah terpasang di semua kelurahan di Kota Ternate.

"Jika masyakat mengeluhkan begitu, buat surat saja ke PDAM melalui kelurahan dan dalam surat jelaskan daerah mana saja di Kastela yang masih kesusahan air bersih, sehingga tim dari kami akan turun mengecek. Jika bisa terpasang air wilaya tersebut akan dilakukan pemasangan,"pungkasnya. (sam/red)

Komentar

Loading...