Tanah Longsor Ancam Rumah Warga di Kelurahan Makasar Barat

Rumah Warga yang terancam Banjir

TERNATE- PM.com, Curah Hujan lebat disertai dengan Angin kencan yang melanda Kota Ternate beberapa hari ini, mengakibatkan tebing setinggi kurang lebih 15 meter di Kelurahan Makasar Barat, Kecamatan kita Ternate Tengah, kota Ternate longsor dan mengancam 3 rumah warga, Selasa (01//12/20) sekira pukul 00.15 WIT.

Kronologi terjadinya longsor bermula saat terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai dengan angin kencang yang mengakibatkan terjadinya longsor pada hari selasa (1/12) malam sekitar pukul 00.15 Wit. Hal tersebut menyebabkan tebing setinggi kurang lebih 15 meter yang berlokasi di Rt 03/Rw 04 kel. Makasar Barat.

Selain itu longsoran tersebut juga mengancam 3 rumah warga yang terdampak longsor. Longsor tersebut mengancam belakang ke tiga rumah tersebut bahkan sebgian dapur rumah sudah longsor.

Salah satu warga, Kartini muhamad mengatakan, longsor tersebut terjadi pada Selasa malam pada saat terjadinya hujan dan angin kencang itu mengakibatkan longsor dan pohon tepat dibelakang rumahnya tumbang yang menimpah atap dapur rumahnya.

"Kami khawatir apabila terjadinya hujan terus maka terjadi longsor susulan karena sampai saat ini di area tersebut tanahnya masih bergerak dan sudah retak, torang tako longsor susulan," ungkapnya pada poskomalut.com, Selasa (01/12) saat disambangi ke rumahnya.

Dia bilang dirinya bersama tetangga rumahnya yang terancam longsor sudah melaporkan ke kantor Kelurahan Makasar Barat namun, kata dia tidak ada respon dari pihak kelurahan hingga saat ini. "Torang su lapor di Kantor lurah tapi trada tanggapan," ujarnya.

Dirinya mengharapkan, pemerintah kota Ternate dalam hal ini pihak kelurahan dan BPBD kota Ternate secepatnya meninjau lokasi tersebut kaerna akan mengancam tiga rumah tersebut maupun mengancam nyawa warga apabila terjadi longsor susulan pada malam hari.

Sementara itu saat mau mengonfirmasi ke pihak kelurahan atapun lurah Makasar Barat di kantor namun kantor lurah sudah ditutup walaupun belum jam pulang kerja sekitar pukul 15.30 Wit. Sedangkan untuk kepala BPBD kota Ternate saat dikonfotmasi lewat Telepon nomonya tidak aktif hinga berita ini dipublis. (Ris/red)

Komentar

Loading...