poskomalut.com
baner header

Tekan Polusi Dan Bencana Alam, Polda Malut Tanam 7.375 Bibit Pohon

TERNATE-PM.com, Polda Maluku Utara, Jumat (10/01/2020) pagi tadi melaksanakan penanaman pohon guna mendukung program penghijauan di seluruh Mako Polri dan Asrama Polri yang bertempat di SPN Polda Maluku Utara. Penanaman pohon Ini telah dilaksanakan juga oleh Satker Polda dan Polres Jajaran sebelum pelaksanaan tanggal 10 Januari 2020 ini yang di laksanakan secara serentak seluruh Indonesia.

Kegiatan dipimpin Langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si. yang di hadiri Oleh Wakapolda Malut, Irwasda Polda Malut, para pejabat Utama Polda Malut, Kasrem 152 Babullah, Kabid Pemberantasan BNNP Malut, Kasat Pol. PP Prov Malut, Asisten I Pemprov Malut, Hakim Perwakilan Pengadilan Tinggi Agama Malut, Hakim Perwakilan Pengadilan Tinggi Malut, Tiga peleton Brimob, Satu Regu TNI, Perwakilan siswa/Siswi SMP sebanyak 20 Orang, Pewakilan Mahasiswa/Mahasiswi Sebanyak 30 Orang, Perwakilan bhayangkari sebanyak 40 0rang dan Siswa SPN Polda Malut sebanyak 250 Orang.
Dalam sambutan Kapolda menandaskan, perlu diketahui bersama, saat ini lingkungan hidup mulai tercemar.

Pencemaran udara mengakibatkan langit kurang cerah karena penuh dengan gas polusi. Sementara itu, kegersangan dan kerusakan hutan di daerah Maluku Utara menyebabkan ketidakstabilan ekosistem lingkungan. Akibatnya, pada musim hujan dialami iaalah masalah banjir. Sebaliknya pada musim kekeringan mengalami kegersangan. “Ini merupakan pertanda bahwa kondisi lingkungan kita mulai rusak. Lingkungan yang rusak tidak lagi dapat berfungsi sebagai pengatur tata air bagi kehidupan kita. Ini semua harus kita Lakukan untuk masa depan kita,”ujarnya.

“Untuk itu pada kegiatan ini, Dengan adanya penanaman pohon pada titik-titik/lokasi yang tepat dapat mengurangi polusi. Sehingga kestabilan alam dapat terjaga. Oleh sebab itu, program penanaman pohon ini perlu dilakukan, sebagaimana instruksi kapolri untuk melakukan penghijauan di lingkungan polri,”jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolda Maluku Utara menyampaikan, pohon memiliki peran penting di dalam menjaga keseimbangan kehidupan yang berlangsung di bumi. Setiap tahun, satu pohon dapat menghasilkan 130 kg oksigen dan menyerap gas karbondioksida sebanyak 1 ton, untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, sehingga sangat membantu menurunkan pengaruh global warming. Selain itu, pohon juga menjadi solusi dalam mencegah bencana alam, seperti longsor, banjir dan kekeringan. Menanam pohon menjadi kontribusi kita yang nyata terhadap perbaikan lingkungan.

“Untuk itu pada hari ini kita akan melaksanakan penanaman pohon di lingkungan Polda Maluku Utara sebanyak 3500 batang yang meliputi pohon durian, ketapang, tanjung, samama, nyatoh, gosale dan pala,” sebutnya.
Kegiatan ini juga telah dilaksanakan di polres jajaran polda Maluku Utara dengan lokasi penanaman pohon sebanyak 30 lokasi meliputi mako polres, mako polsek, asrama polres, asrama polsek, sekolah, tempat ibadah dan taman kota. Dengan total jumlah pohon yang di tanam sebanyak 7.375 pohon dengan 26 jenis pohon di lahan ± 39,5 hektar. “Kegiatan ini sebelumnya sudah kita selenggarakan dari kemarin oleh jajaran polda yakni polres dan polsek. Penanaman ini dikhususkan ditempat tinggal, di lingkungan perkantoran juga di beberapa lingkungan sekolah, Itu dulu fokus kita”, ungkap Kapolda Brigjen Pol. Suroto saat di wawancarai poscomalut.com setelah agenda penanaman selesai digelar.

“Mari kita sama-sama menjaga dan memelihara pohon yang telah tertanam sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan. Lakukan sosialosasi pentingnya kelertarian hutan dan lingkungan kepada semua generasi bangsa agar dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menggalangkan kegiatan-kegiatan terkait lingkungan hidup,”papar kapolda.

Harapannya, kegiatan ini bukan berakhir sampai disini. Di sampaikan agar selanjutnya perecanangan ini kemudian disosialisasikan ke seluruh intansi pemerintah, sekolah-sekolah dan kepada masyarakat secara umum agar lebih peduli terhadap lingkungan. “Kegiatan adalah ujaran langsung dari bapak kapolri, merupakan sebuah langkah awal keperhatinan kita dan kepedulian kita terhadap lingkungan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa akhir akhir ini telah terjadi bencana banjir dan longsor. Kemudian di daerah tertentu juga terjadi kemarau akibat kekeringan, Ketidakseimbangan ekosistem inilah yang perlu kita kembali lestarikan,”jelas Kapolda.

Kepada poscomalut.com, Brigjen Pol. Drs. Suroto menyatakan, kegiatan menjaga kelestarian lingkungan ini akan tetap jalan dan dikembangkan mulai dari penanaman serentak pada hari ini, juga seterusnya. Lalu kemudian dijaga dan dikontrol dengan harapan kedepannya bisa memberikan manfaat yang baik untuk generasi yang berikutnya.
Kemudian harapannya untuk masyarakat Maluku utara pada umumnya, selalu menjaga ekosistem dan lingkungan. Karena dengan menghidupkan lingkungan, maka ekosistem harusdijaga. “Alam memberi manfaat kepada kita. Maka itu jangan sampai karena ulah kita, alam menjadi dampaknya.,”tambahnya.

“Semoga kegiatan yang kita lakukan hari ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan menjadi catatan amal baik yang bernilai pahala”. Tutup Kapolda Maluku Utara. (Cr04/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: