poskomalut.com
baner header

Terima Hasil Seleksi Sekda, Bupati Ubaid Yakinkan Proses Sudah Sesuai Regulasi

MABA-PM.com, Panitia Seleksi (Pensel) terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) tahun 2021 akhirnya menyerahkan hasil rekomendasi seleksi kepada bupati Haltim. Ketua Pansel Terbuka JPTP Prof. Saiful Deni menyerahkan langsung rekomendasi tersebut kepada Bupati Ubaid Yakub di ruang Aula Kartika Hotel Buli, Kamis (06/05/2021).

Ketua Pansel Terbuka JPTP, Prof. Saiful Deni mengatakan, panitia seleksi telah bekerja sesuai dengan regulasi Permenpan nomor 14 tahun 2019 bahwa seleksi sekda Halmahera Timur (Haltim) itu berada pada posisi atau level pledge pratama dan berakhir dengan penyerahan hasil seleksi kepada Bupati Haltim.

“Ada sekitar empat tahapan yang kami lalui selama proses seleksi sekda. Dan pada hari ini terakhir untuk penyerahan tahapan rekomendasi dari empat ke tiga besar. Kemudian kita lakukan penyerahan rekomendasi pada tahapan ke empat setelah itu dari provinsi memberikan rekomendasi ke kementrian,” Kata Saiful.

Dikatakanya, pelaksanaan tahapan assesment sekda dilakukan sesuai dengan prosedur yang jelas. Mulai dari tahapan pertama sampai pada tahapan yang terakhir.

“Jadi tahapan ini sudah mutlak dan tim telah melaksanakan pekerjaan dan tugas-tugas yang kita laksanakan selama ini dan juga dibantu oleh BKD Haltim,” ujar Saiful.

Angota Tim Pansel, Dr. Jalib menambahkan pelaksanaan asesment sekda ada empat tahapan yakni administrasi, subtansi, penulisan makalah, dan tahapan wawancara substansi.

Setelah empat tahapan tersebut dilalui, kata Jalib, pihaknya langsung melakukan penilaian peringkingan. Perengkingan itu tidak mengubah sedikitpun mekanisme penilayan dari empat tahapan tadi.

“Jadi yang melakukan perengkingan adalah lima panitia seleksi yang sudah ditetapkan sebelumnya, bukan diluar dari tim pansel maupun dari pihak BKD yang melakukan perengkingan,” ungkapnya.

Lanjutnya, dari tahapan tersebut penilaianya dilakukan berdasarkan hasil yang ditanyakan pada tahapan sebelumnya yang dilakukan pansel. Kalau misalnya bisa diutak atik, sambung Jalib, maka ada pelangaran yang dilakukan tampa melewati proses dari empat tahapan tersebut. Ini karena sudah ada aturan yang jelas untuk seleksi sekda level pledge pratama.

“Kemudian setelah sekda dilantik maka akan dilakukan evaluasi kinerja eslon II sebelum di assesment,” tandasnya.

Sementara itu setelah penyerahan, Bupati Haltim Ubaid Yakub menyampaikan terima kasih pada tim pansel jabatan tinggi pratama telah menyerahkan hasil seleksi yang diketuai Prof. Saiful Deni dan didampingi Dr. Jalib.

“Alhamdulillah pada hari ini telah diserahkan hasil seleksi Assesment Sekda Haltim jabatan tinggi pratama,” ujar Bupati.

Sebagai bupati Haltim, sudah tentu Ubaid mempunyai kewajiban lebih lanjut untuk melaksanakan dan mengusulkan sebagaimana prosedur yang akan berlaku.

“Hingga saat ini, saya juga belum melihat secara detail siapa-siapa yang lolos di tiga besar, maka dari itu sebentar akan saya pelajari hasil rekomendasi tersebut baru kemudian dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku,” pungkasnya.

Adapun tiga nama calon sekda definitif yang dinyatakan lolos sesuai hasil assesment dengan nomor : 800/14/JPT-HT/2021 yang diumumkan yakni Kepala BP4D Haltim Ricky Chairul Richfat, Kepala BKD Mahmud Ismail dan Kepala Dinas Pertanian Din Adjision. Sedangkan satu nama lain yakni Plt. Sekda Dheny Tjan, tidak lulus berdasarkan hasil assesment.

Penulis : Ikam|Editor : Mgr

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: