Ternyata! Ada Empat Tambang di Haltim Tak Miliki Andalalin

ILUSTRASI

MABA-pm.com, Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), melalui Dinas Perhubungan (Disbub) mewarning sejumlah perusahaan secepatnya mengurus izin Analisis Dampak Lalulintas (Andalalin).

Kepala Dishub Haltim, Dwi Cahyo mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan pengawasan ataupun monitoring di beberapa perusahaan, baik bergerak di bidang pertambangan dan lain yang melintasi jalan nasional maupun kabupaten.

"Kami telah dua kali menyurat untuk meminta semua perusahaan memiliki izin Andalalin," ungkapnya, Senin (24/10/2022).

Ternyata, kata dia, dari semua koorporat di Haltim yang melintasi jalan nasional maupun kabupaten hanya satu memiliki izin Andalalin yakni PT ANTAM. Namun, tambang lainnya seperti PT ARA, Haltim Mining, PTAdita dan PT STS belum memiliki Andalalin.

"Perusahan yang telah memiliki Andalain itu rekomendasinya sudah jelas, bahwa setiap waktu harus dibersihkan jalannya. Jalan yang rusak harus diperbaiki dan harus adanya rambu-rambu lalu lintas yang menandakan bahwa adanya aktivitas perusahaan di situ," ujarnya.

Dwi mengaku, OPD nya memiliki kewenangan menyangkut Andalalin. Menyusul kewenangan itu, pihaknya telah mengambil tindakan berupa teguran ke perusahaan tersebut.

"Menjadi kewajiban setiap perusahaan, apalagi Haltim telah memiliki Perda nomor 4 tahun 2022 tentang analisis dampak lalulintas," tandasnya.

"Kalau melewati jalan nasional maka izinnya langsung ke provinsi. Kalau yang dilintasi perusahaan itu jalan kabupaten, maka kewenangannya dan pengawasannya ada di Pemda Haltim," sambungnya.

Komentar

Loading...