Tidore Selatan Punya Dua Pasien Covid-19

TIDORE-PM.com, Warga Kecamatan Tidore Selatan Kota Tidore Kepulauan sudah mempunyai dua pasien positif Covid-19 yang kini masih dirawat di RS Hasan Bosoerie Ternate oleh tim gugus percepatan penangan Covid-19 Provinsi Maluku Utara.

Hal ini disampaikan Juru bicara tim gugus Covid-19 Kota Tidore Kepulauan Saiful Salim kepada sejumlah wartawan, Kamis ( 23/4/20) siang ini. ’’Sesuai dengan hasil pemeriksaan tim gugus provinsi kota Tidore sudah ada 3 pasien positif Covid-19, ketiganya satu dari Kecamatan Tidore dan dua dari Kecamatan Tidore Selatan,’’ kata Saiful.

Menurut Saiful, untuk pasien dengan status PDP di Kota Tidore terjadi peningkatan 4 orang terdapat di Kecamatan Tidore 2 orang, Tidore Utara 1 dan Tidore Selatan 1, mereka yang sebelumnya ODP naik status pada tanggal 20 April berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis Provinsi berupa labotariuom dan rongseng mengarah pada gejala covid-19.

Sedangkan dari 210 orang atau sampel pemeriksaan rapid tes tim gugus kota Tidore menunjukan gejala reaktif 22 orang sudah termasuk ketiga yang konfirmasi positif, dan sudah dirujuk ke Ternate, termasuk bayi 1 tahun 9 bulan dan dua kasus baru reaktif telah dirujuk ke Ternate rabu kemarin dari pelabuhan Guraping, keduanya mempunyai riwayat perjalanan dari bayuwangi jawa timur dan non reaktif 188 orang.

Terkait dengan pasien dengan status isolasi mandiri terjadi penurunan sebanyak 28 orang dari sebelumnya 329 menjadi 301 dengan rincian Kecamatan Tidore 139, Tidore utara penurunan 13 orang yang sebelumnya 44 menjadi 31, Tidore Selatan penurunan 8 orang dari 28 sebelumnya menjadi 20, Tidore Timur 31 orang penambahan menjadi 33, Kecamatan Oba 12 orang turun menjadi 8 orang , Oba Utara 62 berkurang menjadi 54, Oba Tengah terjadi penurunan dari 13 menjadi 11, Oba selatan isolasi mandiri masih tetap 5 orang.

Sementara itu , pasien dengan status OTG di Kota Tidore menjadi 62 orang dengan rincian Kecamatan Tidore 27 orang , Tidore Utara 2, Tidore selatan 24, Tidore Timur 0 , Kecamatan Oba sampai selatatan 0, mereka rata-rata mempunyai kontak erat dengan pasien positif covid didalamnya termasuk tenaga kesehatan , untuk status ODP 23 orang menjadi 18 orang , Tidore turun 1 dari 9 menjadi 8, Utara 9 menjadi 7, Selatan dari 3 menjadi 1, Timur 0, Kecamatan Oba 1, Oba Utara 1, Oba Tengah 0 dan selatan 0.

Saiful mengimbau, masyarakat tetap waspada dan mengikuti anjuran pemerintah dalam memutuskan mata rantai Covid-19, jaga jarak dan menggunakan masker wajib digunakan dalam setiap aktifivitas. (mdm/red)

Komentar

Loading...