Tim Gugus Tikep Masih Temukan Warga Bandel

Tim Patroli Wlayah Gugus Tugas Covid-19 Kota Tidore membubarkan kerumunan orang di salah satu tempat di Tidore dan mengimbau pemilik tempat dan pengunjung untuk mematuhi pemberlakukan jam malam.

TIDORE-PM.com, Tim patroli wilayah gugus tugas covid-19 Kota Tidore Kepulauan dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP, dalam melakukan operasi malam masih menemukan sejumlah pelanggaran dan ketidakputuhan  sebagian warga. Tim gugus terus melakukan upaya pengetatan terhadap aktivitas warga di luar rumah apalagi di waktu malam. Demikian juga membiasakan diri untuk mengenakan masker dan menjaga jarak fisik saat beraktivitas di luar rumah, juga menjadi perhatian tim patroli.

Patroli bersama yang berlangsung pada Senin malam (11/5)  lalu, dipimpin oleh Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tidore Kepulauan, H. Harun Ibrahim tersebut, menemukan adanya kerumunan orang di tepi jalan, di pusat permainan play station, tempat pangkas rambut, sejumlah tempat duduk di setiap kelurahan dan terjadinya konvoi sepeda motor.

Patroli yang dimulai dari Kelurahan Tuguwaji, Kecamatan Tidore hingga Kelurahan Mareku, Kecamatan Tidore Utara, diwarnai dengan aksi pembubaran oleh tim patroli terhadap sejumlah orang yang masih berkerumun tanpa masker di tempat duduk, leger, jembatan, teras rumah serta  pusat permainan play station. “Kenapa jam begini masih berada di sini, sekarang sudah jam 23.00. Wit. Ayo kembali ke rumah masing-masing, jangan lagi berkerumun,” tegas Harun Ibrahim, kepada sejumlah warga yang masih terlihat di jalan.

Saat hendak melewati jalan Sultan Zainal Abdin Sjah, sekitar pukul 23.30. Wit, tiga anak muda yang sedang nongkrong di salah satu tempat duduk di depan eks kediaman wali kota berusaha melarikan diri dengan sepeda motor. Bahkan, salah satu sepeda motor melaju dengan kecepatan tinggi dari arah  berlawanan nyaris menabrak beberapa anggota yang berusaha menghalau yang bersangkutan. Pada kejadian ini, dua unit sepeda motor yang tidak sesuai standar diamankan oleh petugas ke Kantor Lantas Polres Tidore.

Kejadian serupa terjadi ketika tim patroli memasuki kawasan Tugulufa dan berpapasan dengan dua pemuda yang berboncengan sepeda motor dalam keadaan mabuk. Nyaris mobil patroli ditabrak oleh pengendara sepeda motor. Kedua pemuda mabuk bersama satu unit sepeda motor langsung diamankan anggota dan dibawa ke Polres Tidore.

 Selain melakukan pendekatan kepada masayarakat yang ditemui untuk selalu menaati seluruh protokol kesehatan dalam upaya pencegahan peyebaran covid-19 di wilayah Kota Tidore Kepulauan, tim patroli wilayah juga mengambil sikap tegas jika menemukan adanya warga yang tidak mau bekerjasama, membandel dan berupaya melawan petugas. “Kita harus terus melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui patroli malam agar mereka memahami kondisi yang terjadi saat ini, sehingga dengan kesadaran sendiri bekerjasama dengan aparat TNI, Polri dan Satpol PP. Ini untuk mencegah penyebaran virus corona di wilayah ini,” jelas Kasat Lantas Polres Tidore, Iptu Ridwan Usman, kemarin.

Tim patroli juga menyampaikan dan mengimbau masayarakat tentang batas waktu aktivitas di malam hari hanya sampai pada pukul 22.00. Wit saja, berdasarkan instruksi wali kota.

Kaur Bin Ops Sat Lantas Polres Tidore, Ipda Julaiha Dukomalamo, bersama anggota TNI, Polri dan Satpol PP, terus meminta dan mengimbau sejumlah orang yang ditemui sepanjang jalan untuk mengenakan masker dan segera kembali ke rumah masing-masing. “Saya minta semuanya bubar dan segera kembali ke rumah masing-msing. Kalau tidak patuhi perintah akan kami amankan,” tegas Julaiha Dukamalomo.(mdm/red)

Komentar

Loading...