Titik Koordinat Jaringan Internet Luar Ternate Sudah Dicek

Anas Conoras

TERNATE-PM.com,  Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate sudah melakukan pengecekan titik koordinat penempatan jaringan internet Base Transceiver Station (BTS) di tiga kecamatan pulau terluar Kota Ternate.

Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Anas Conoras saat ditemui, Jumat (26/2) akhir pekan kemarin mengatakan, sejauh ini di kedua kecamatan Moti dan Hiri sudah tidak ada masalah lagi karena datanya sudah terinput di aplikasi milik PT. Bakti.

“Prinsipnya kita hanya menyiapkan datanya saja progresnya kita masih menunggu informasi dari PT Bakti. Kemudian Kecamatan Batang Dua itu yang kita bangun bersifat BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator,” katanya

Sambungnya, paling tidak tiga kecamatan terluar ini harus menyiapkan atau memiliki sarana penunjang lain kebutuhan operasional BTS untuk tetap hidup, salah satunya listriknya harus diaktifkan 1 kali 24 jam.

“Di kecamatan Pulau Moti itu ada tiga titik, Hiri juga tiga titik, Sementara Kecamatan Batan Dua juga kita upayakan tiga titik juga, cuman kendalanya suplai listrik itu, tapi kita akan mengupayakan agar jaringan internet bisa dirasakan disana juga, dan itu sesuai hasil survei kemarin dari staf kita,” ujarnya

Disentil soal anggarannya Anas mengatakan, anggran pihaknya tidak tahu tapi ini adalah program kawasan pulau-pulau terluar (Kawasan 3T).

“Memang pada awalnya kota Ternate tidak dapat program ini cuman karena kita sodorkan letak geografis dan itu direspon baik oleh PT Bakti sehingga kita dieberiakan usulan-usukan Pulau-Pulau Terluar di kota Ternate yang masih minim Jaringan Internet. Dan Semoga dipastikan bisa diselesaikan ditahun 2021 ini,” akhirnya. (ata/red)

Komentar

Loading...