UNBK di Kota Ternate Tetap Dilaksanakan Sesuai Jadwal

TERNATE- PM.com, Seluruh sekolah di Kota Ternate akhirnya diliburkan, menyusul adanya imbauan pemerintah terkait virus corona. Meskipun demikian Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan tetap dilksanakan sesuai dengan jadwal.

Wakasek Kurikulum sekaligus Ketua Panitia Ujian SMA N. 2 Kota Ternate Mohtar Tahar menyampaikan, yang jelasnya Ujian Skolah tahun 2020 untuk SMA N 2 Kota Ternate berjalan dengan baik sampai dengan Jumat 20 Maret 2020. Meskipun ada kendala pada hari ke-2 di sesi ke dua, kurang lebih 41 siswa gagal mengirimkan hasil ke server, dan itu bukan hanya terjadi di SMA N 2 Kota Ternate tapi juga di seluruh sekolah. "Kita sudah melakukan komunikasi dengan pihak server yang berada di SMA N 4, dan mereka akan lakukan ujian susulan pasca ujian sekolah, yaitu pada hari selasa, tanggal 24 Maret 2020," ungkapnya.

Menurutnya, dalam surat edaran tersebut menerangkan yang libur sekolah itu cuma kelas X dan kelas XI dan untuk kelas XII tetap lanjut ujian, dengan anjuran mencuci tangan, dan juga menyiapkan alat-alat septik. Kemudian pengunaan headsheet dalam ujian juga tidak saling bertukar dan dianjurkan untuk menggunakan headsheet masing-masing.

"Insa allah kami akan terapkan juga di ujian UNBK pada tanggal 30 maret nanti, kami juga akan memperbanyak lagi tempat cuci tangan, sebelum masuk kelas harus cuci tangan, hindari salaman, dan ditiadakkan cium tangan dengan dewan Guru sesuai dengan surat edaran," ungkapnya.

Selain itu di dalam surat edaran juga menyatakan untuk kelas X dan XI akan diliburkan sampai pada tanggal 30 maret, namun pada tanggal 30 itu bertepatan dengan UNBK sehingga di perpanjang liburnya sampai pada tanggal 6 April 2020. "Kami tunda satu mingu libur, setelah tanggal 30 maret sampai tanggal 2 april itu dilakukan UNBK sehingga kita perpanjang sampai dengan tanggal 6 april baru masuk," ucapnya.

UN kata doa dibagi menjadi 3 sesi, dalam setiap sesi itu tiga orang duduk secara bergantian di satu tempat sehinga pihak sekolah akan menyiapkan anti septik ketika pergantian sesi, serta pembersihan tempat duduk. Pihak sekolah juga akan memperbanyak tempat cuci tangan setiap ruangan, memperbanyak headsheet dan tisu basah.

Sekolah juga menganjurkan setiap siswa harus menggunakan masker ketika UNBK, jadi setiap orang tua harus mempersiapkan masker untuk anaknya saat UNBK nanti. "Untuk anak-anak yang akan melakukan UNBK nanti, jangan dulu keluar rumah untuk menghindari sesuatu yang tidak dinginkan,"imbaunya.

Senada disampaikan oleh Kepsek SMA N 10 Kota Ternate Taher Hayat, pada poskomalut.com. Ia mengatakan, untuk US di SMA N 10 Kota Ternate berjalan dengan sangat baik, namun terkendala di jam ke dua pelaksanaan ujian sekolah berbasis android. Ada 9 siswa yang Gagal mengirimkan hasil ke server. "Kita akan melakukan ujian susulan pada hari selasa tanggal 24 maret, " jelasnya.

Ia menjelaskan, US dan UNBK akan dilaksanakan sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan. "Untuk US dan UNBK tetap jalan sesuai dengan jadwalnya dan tidak ada pengunduran walaupun adanya Isu Virus Covid-19, akan tetapi untuk kelas X dan XI tetap diliburkan," ungkapnya.

Ditanya soal ada pengaruhnya tidak terkait dengan penyebaran virus Covid-19 dengan dilakukan ujian, Taher mengatakan, pada prinsipnya berpengaruh tapi jangan sampai dilebih-lebihkan, sehingga segala sesuatu itu seolah-olah sangat Darurat, namun tetap mendengar himbauan. "Untuk SMA N 10 Kota Ternate selalu berihtiar, memperhatikan anak-anak dan selalu mendengarkan himbauan terkait penyebaran Virus Covid-19," ungkapanya.

Menghadapi UNBK pihaknya akan selalu mengikuti edaran dari dinas pendidikan dan selalu menjaga kebersihan, serta menghindari salaman dengan guru. (Ris/red)

Komentar

Loading...