poskomalut.com
baner header

Ungkap Penyebab Air Keruh dan Ikan Mati Mendadak, DKP Kota Ternate Kirim Sampel Air ke-Jakarta

TERNATE-PM.com, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota ternate sudah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan  Provinsi Malut dan yunit dari uptd ambon kementrian dinas kelautan dan perikanan untuk terus mengawasi  fenomena air keruh dan kematian ikan  secara mendadak yang terjadi di Kota Ternate.

Abdurahim Rasid, Kasi Bidang Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate pada poskomalut.com Kamis (27/2/20), mengatakan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Malut hanya melakukan pengujian sampel mikrobioligi sehingga kita pun belum menduga fenomena kematian ikan dan kekeruhan air yang terjadi di Kota Ternate itu penyebabnya apa.

 “Semisalnya peruban warna air dan kematian ikan diduga akibat BLOOMING ALGA ( ledakan alga ), maka ketika pesawat yang melintas diatas perairan Malut maka itu akan kelihatan oleh pilot pesawat karena ledakan alga kelihatan besar kalau berada diatas udara dan sang pilot harus wajib melaporkan adanya ledakan alga terjadi didaerah tersebut, walaupun dari pengawas daerah tersebut tidak mengetahuinya,” ujarnya.

Ia menambahkan namun hinga saat ini, sampel pengambilan air laut maupun ikan masih berada di karantina Kota Ternate dan akan dikirim langsung ke Jakarta.

“Karena kalau untuk uji kimia kita tidak bisa dilakukan di leb perikanan maupun lab provinsi maluku utara karena sarana dan prasarana kita belum memadai sehingga uji kimia akan dilakukan di Jakarta,” ungkap Rasid.

Pihaknya hanya menunggu hasil uji kimia dari Jakarta, untuk beberapa hari kedepan dengan sampel yang di ambilan kemarin.

“Sampel air itu kita ambil dengan tiga sampel berdasarkan kedalaman itu kita lakukan secara bertahap sesuai kedalam air untuk dijadikan sampel penelitian laboratorium kimia di Jakarta, kita mengambil sampel itu pada siang dan malam hari dan sudah dibawa ke karantina Kota Ternate, sampel tersebut selanjutnya dibawa ke Jakarta untuk dilakukan uji leb kimia sehingga kita dapa mengetahui fenomena air keruh dan ikan mati penyebabnya apa,” tutupnya. (Ris/red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: