UPTB Samsat Halbar Tiadakan Denda PKB dan BBNKB

kepala UPTB Samsat Halbar, Afrida Doroda

Sesuai SK Gubernur  Malut

JAILOLO-PM,com, Unit Pelaksana Teknis Badan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (UPTB Samsat) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) telah menghapus atau meniadakan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) dan denda balik Nama Kendaraan Bermotor  (BBNKB) selama status waspada virus corona.

Peniadaan denda ini resmi diberlakukan terhitung  sejak Senin (6/4) Kemarin. Langkah ini diambil berdasarkan  (SK) Gubernur Provinsi Maluku utara NO : 302 / KPTS / MU /2020, karena sampai saat ini sebagian besar warga kesulitan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, apalagi harus membayar denda pajak dalam masa darurat Covid-19.

"Ini dalam kondisi keadaan darurat Covid-19 sehingga diambil keputusan tersebut. Kemudian virus ini juga turut melumpuhkan perekonomian masyarakat oleh sebabnya pemerintah provinsi berkesimpulan untuk menghapus denda pajak tersebut sebagai langkah penanganan pandemi Covid-19," kata kepala UPTB Samsat Halbar, Afrida Doroda saat berada di ruang kerjanya, Senin (20/04).

Afrida menambahkan, pajak kendaraan yang dihapus atau ditiadakan untuk tahun 2020 berjalan adalah denda PKB dan denda balik Nama Kendaraan Bermotor  (BBNKB) serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Juga ditiadakan, tetapi untuk pokoknya tetap dilakukan pembayaran langsung  ke kantor samsat," jelasnya.

“Saya berharap Walaupun dalam kondisi mewabahnya Covid-19 ini, tetapi dengan diberlakukannya penghapusan denda PKB dan BBNKB ini semoga dapat meringankan beban masyarakat di tengah gentingnya wabah tersebut," tandasnya. (wm01/red)

Komentar

Loading...