Usia di atas 50 Tahun Tak Bisa Berangkat Haji

Kantor Kementrian Agama Halmahera Timur.

MABA-PM.com, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHO) Aminudin mengatakan, keberangkatan Calon Jamah Haji (CJH) tahun 2021 menggunakan regulasi umroh dengan batas usia 18 sampai 50 tahun.

Menurutnya, mengacu pada regulasi umroh, usia keberangkatan jamah haji di tahun 2021 itu 18-50 tahun. Mengingat keberangkatan haji kali ini masih di era pandemi Covid-19. Sehingga jamaah lansia belum bisa diakomodir atau diberangkatkan karena pemerintah mengikhtiarkan kesehatan mereka.

Ia menuturkan, Haltim mempunyai calon jamaah haji sebanyak 60 orang yang terdaftar pada tahun 2020. Namun tidak bisa diberangkatakan karena pandemi. Kemudian dimajukan pada tahun 20201.

Lanjut dia, kalau dilihat dari umur calon jama'ah haji, yang bisa diberangkatkan sesuai dengan umur itu sekitar 20 orang saja.

"Hanya 20 orang yang berangkat haji tahun 2021, kalau sesuai dengan regulasi umroh," kata Aminudin pada poskomalut.com, Senin (25/01/2021) di ruangan kerjanya.

"Selebihnya itu sekitar 40 orang tidak bisa diberangkatkan. Karena mereka di atas 60 tahun," sambungnya.

Namun, kata dia, Kemenag Haltim masih menunggu perkembangan regulasi pemberangkatan jamaah haji tahun 2021 yang disesuaikan perkembangan Covid-19.

"Tapi kita berdoa mudah-mudahan Allah mengangkat wabah ini, sehingga seluruh jamaah haji yang ada di Maluku Utara, khususnya Haltim bisa mengikuti haji semuanya dan sesuai dengan haji-haji sebelumnya seperti pada tahun 2019," akhirnya. (Ris/red)

Komentar

Loading...