Usulan Lokasi Bandara Disetujui, Pemprov Malut dan Pemkot Tikep Gelar Pertemuan Bersama Menhub

TIDORE-PM.com, Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah kota Tidore kepulauan, Rabu (21/9) melakukan pertemuan dengan Kementrian Perhubungan.

Dalam Pertemuan ini Gubenur Malut Gani Kasuba dan Wali kota Tidore Capt H Ali Ibrahim memamparkan kesiapan pemerintah daerah untuk kegiatan pembangunan bandara sofifi di Loleo Desa Aketobololo Oba Tengah dihadapan Menteri perhubungan Dr. Ir. Budi Karya Sumadi yang memimpin jalanya rapat.

Gubernur Maluku Utara Gani Kasuba pada pengantar kata pertemuan mengatakan, semangat membangun bandara sangat direspon baik oleh masyarakat, kedatangan pemerintah provinsi bersama pemda Tidore ini beserta sejumlah instansi tehnis vertikal lainya ini sebagai bentuk keseriusan bagimana terwujudnya bandara yang diusulkan.

Olehnya itu dirinya mendesak agar surat penetapan keputusan penetapan lokasi (Penlok) segera di keluarkan menteri sehingga pekerjaan segera dilaksanakan.

Pada kesempatan ini juga Gubernur Maluku Utara Gani Kasuba mengajak Menhub untuk menyempatkan waktu bisa berkunjung ke Maluku Utara untuk melihat kesiapan pemerintah daerah, harapan besar dimungkinkan untuk bisa melakukan peletakan batu pertama bilamana tidak sempat dilakukan Presiden Jokowi.

Senada, Wali kota Tidore Capt Ali Ibrahim pada kesempatan ini menyatahkan, dukungan masyarakat dalam penyedian lahan pembangunan bandara di Loleo sangatlah antusias,dimana sudah ada data yang dikumpulkan pemerintah daerah tedapat 400 lebih masyarakat sekitar lokasi bandara memberikan pernyataan tertulis dukungan pembangunan bandara.

Saat ini juga telah ada pendataan kepemilikan lahan yang sudah bersertifikat maupun dalam tahap proses penerbitan sampai yang belum memiliki sertifikat datanya sudah dikantongi pemerintah kota Tidore.

Sementara itu, Menteri perhubungan Dr. Ir. Budi Karya Sumadi menjelaskan, langkah selanjutnya kemenhub yakni akan menerbitkan Penetapan lokasi, belum dikeluarkanya penetapan lokasi (Penlok) hingga saat ini karena pihaknya masih menunggu hasil kajian Amdal.

Menhub menegaskan bilamana amdal telah siap barulah segera dikeluarkan penetapan lokasi (Penlok) dalam waktu dekat.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat Menhub ini juga mendapat respon dan dukungan positif dari kementrian terkait Bappenas, Kementrian PUPR, Menko Marves karena dianggap sangat siap baik dari sisi administrasi maupun dukungan masyarakat.

Terpisah, Kadishub kota Tidore kepulauan Daud Muhammad menyatakan urusan bandara tinggal kelengkapan Amdal barulah akan diterbitkan keputusan Menteri soal penetapan lokasi (Panlok), untuk persetujuan lokasi sudah disetujui melalui surat keputusan tentang lokasi bandara baru di Maluku Utara.(mdm/red)

Komentar

Loading...