Vaksinasi Perdana, Forkopimda Halsel Laksanakan Medical Check Up

Dandim 1509/ Labuha bersama Forkopimda usai mengikuti Medical Check Up untuk penerima Vaksin Covid-19.

LABUHA-PM.com, Dandim 1509/Labuha Bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melaksanakan screening awal (Medical Check Up) bertempat di Rumah Sakit Umum (RSU) Labuha.

Penerima medical cek up perdana yakni, Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim ST.MT, Dandim 1509/ Labuha Letkol INF Untung Prayitno S.I.P.,M.Han, Kapolres Halsel AKBP Muhammad Irvan S.I.K, Sekda Halsel, Helmi Surya Bututihe, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Halsel, Fajar Haryombuko, SH, dan Direktur RSUD Labuha Asia Hasyim.

Tak hanya Forkopimda, tenaga  medis sebanyak 20 orang juga sudah disiapkan untuk penerima vaksinasi yang direncanakan pada Selasa (2/1/2021) besok.

Dirut RSUD Labuha, Asia Hasyim menuturkan, syarat bagi penerima vaksin, tubuh para relawan harus sehat. Karena vaksinasi merupakan proses pemberian produk biologis untuk merangsang respons kekebalan tubuh. Maka syarat utama orang yang menerima vaksin adalah tubuh dalam kondisi sehat.

"Relawan juga tidak dalam kondisi demam, karena kondisi tubuh demam sama sekali tidak boleh mendapatkan vaksin, suhu tubuh harus stabil saat pemberian vaksin, usia 18-59 tahun dalam kasus vaksin Covid-19," ujarnya.

Lebih lanjut kata Ia, vaksin sinovac tidak untuk anak-anak, lanjut usia (lansia), bukan penderita diabetes dan hipertensi bagi yang memiliki penyakit komorbid atau penyerta termasuk diabetes dan hipertensi yang tidak terkontrol. Kesemua itu di atas tidak disarankan untuk melakukan vaksinasi.

Asia menambahkan, vaksin sinovac tidak disarankan kepada mereka (orang) yang memiliki penyakit autoimun, sebagaimana yang tercantum pada rekomendasi  PP Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PP Peralmuni) dikarenakan hingga kini, belum ada riset terkait efektivitas vaksin terhadap penderita penyakit autoimun ungkap," tandasnya.

Terpisah, Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Untung Prayitno.S.I.P., M.Han., mengatakan, medical check up ini merupakan bagian dari tahapan awal pemeriksaan sebelum menjadi relawan penerima vaksin Covid-19.

"Semoga besok (Selasa) kita semua bisa menerima vaksin Civid-19. Ini merupakan langkah awal kita menangkal penyakit. Akan tetapi tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk tetap hidup sehat," tukas Dandim.

Penulis: Akbar
Editor: Ra

Komentar

Loading...