poskomalut.com
baner header

Wabup Halteng Dorong Jalan Strategis Nasional Masuk Program Kementerian PUPR

JAKARTA-PM.com, Wakil Bupati Halmahera Tengah Abdul Rahim Odeyani, mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk memasukan jalan stratetegis Nasional yang ada di Halmahera Tengah, kedalam program nasional kementerian PUPR. Ini bertujuan untuk mendukung kawasan industri nasional yang ada di Halteng.

Menurut Wabup, mulai dilakukan pemancangan tiang pertama PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) sampai pada pengembangan progres pembangunan industri yang sudah berjalan, bahkan target di awal 2020 mulai ekspor atau produksi, kawasan ini tidak dimasukkan dalam program nasional PUPR.

Untuk itu, Wabup meminta ada pembahasan khusus antara Pemerintah Daerah (Pemda) yang memiliki kawasan industri dengan kementrian-kementerian terkait. Karena yang menjadi masalah adalah jalan dan jembatan di kawasan industri yang tidak dimasukkan.

“Bagaimana mendukung prioritas nasional soal kawasan industri, kalau kementerian terkait juga tidak diiringi dengan sebuah program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan industri itu sendiri,”ucap Wabup kepada sejumlah dirjen kementerian, di acara temu dialog pengembangan kawasan industri priorotas usualn RPJM Tahun 2020-2024, Selasa (10/12/2019).

Mantan Ketua DPRD Halteng itu, menuturkan jalan yang dilalui oleh karyawan dari dan ke kawasan industri merupakan jalan startegis nasional yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, bukan kewenangan pemda maupun pemerintah Propinsi. “Kami mohon ada pembahasan khusus, karena jalan yang dilalui karyawan itu jalan strategi nasional, dan ini harus dimasukkan dalam program menteri PUPR,”tandas Politisi Nasdem itu.(msj/red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: