Warga Guraping dan Mahasiswa Kubermas Gelar Upacara HUT Ke-78 RI

Foto bersama Warga Kelurahan Guraping, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara usai menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

TIDORE-pm.com, Warga Kelurahan Guraping, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Stadion Gurua Rasai Guraping, pada Kamis 17 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut diinisiasi Pemerintah Kelurahan dan Karang Taruna Masigaro Laha (Kartamal) serta Mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate Tahap I 2023.

Dalam kegiatan itu, bertindak selaku inspektur upacara adalah Lurah Guraping, Rusdi Jamaludin.  Sedangkan komandan upacara adalah Alfaris Sileleng, salah satu mahasiswa Kubermas Unkhair.

“Selama 78 tahun, bangsa Indonesia terus menjaga eksistensi bangsa ini untuk selalu berkomitmen menjaga satu identitas yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selalu berpegang teguh pada Bihinneka Tunggal Ika," ucap Ketua Kartamal, Julfikar Marajabessy.

Ia bilang, hari Kemerdekaan merupakan refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan serta menanamkan semangat patriotisme dan Nasionlisme.

"Sejalan dengan hal tersebut, Karang Taruna Masigaro Laha Guraping memiliki peran dan fungsi yang relevan dengan hari kemerdekaan ke-78. Karang Taruna memberikan sumbangsih positif dan konstruktif bagi Pemuda, Siwa dan seluruh masyarakat kelurahan Guraping dalam bidang pendidikan melalu berbagai macam lomba yang diselenggarakan," katanya.

Karang Taruna Masigaro Laha menurut dia, merupakan salah satu lembaga yang bernaung di bawah kepemerintahan yang menjunjung tinggi persatuan, mengingat strukturnya berasal dari Pemuda dan pemudi.

“Dengan berlandaskan semangat gotong royong dan solidaritas yang tinggi, Karang Taruna Masigaro Laha mampu menyatukan dan menyelesaikan berbagai masalah di tubuh pemuda, sehingga kegiatan kolaborasi dapat terlaksana dengan baik melalui berbagai macam lomba yang di selenggarakan oleh Karangtaruna," pungkasnya.

Sekadar diketahui, menariknya dalam upacara tersebut, 9 personel pengibar sang saka merah putih merupakan putra dan putri asli kelurahan Guraping yang telah mendapat sertifikat dan merupakan mantan purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan maupun Provinsi Maluku Utara. Dimana, untuk pembawa baki merupakan Purna Paskibraka Provinsi Maluku Utara, Nadia Hafid dan Komandan Barisan Merupakan Purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan Haikal Manilet.

Komentar

Loading...