poskomalut.com
baner header

Warga Negara Cina di Malut 1.501 Orang

Disusul Korea Selatan 13 Orang

TERNATE-PM, Kantor Imigrasi Kelas I Tipe Ternate mencatat jumah total Warga Negara Asing (WNA) yang ada di Malut mencapai 1.555 Orang. Dari angka tersebut, tercatat WNA asal Cina mendominasi dengan jumlah 1.501 orang. Disusul Korea Selatan 13 orang, Taiwan 11, USA 6, Britania Raya 5, India 4, Jerman 2, Tailan 2, Australia 2,  Jepang 1, Kanada 1, Swiss 1, Italia 1, Malaysia 1, Nurwegia 1, Singapuara 1.

Kepala Seksi Teknik Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Ternate, Fachtul Kamali, saat dikonfirmasi Rabu (27/11/2019) menuturkan, sejak tahun 2019 mencatat WNA yang melakukan ijin tinggal di Wilayah kerja Imigrasi Ternate sebanyak 1.555.

Wilayah kerja Imigrasi Kota Ternate, terdiri dari dua Kota dan Empat Kabupaten/kota, diantaranya Ternate, Tidore, sementara kabupaten kota terdiri dari Kepulauan Sula, Halsel, Halbar dan Taliabu. Semantara pemegang ijin terbatas di wilayah Ternate terbanyak berada di Halsel, dan WNA Cina paling terbanyak.

Ia juga mengaku lama izin mulai dari 3 bulan hingga 2 tahun. “Rata-rata yang data yang kita punya ijin tinggal terbatas,” ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkam data yang kita punya imigrasi terbatas ini ada yang datang langsung pulang, ada juga yang perpanjang ijin tinggalnya. 

Ia mengaku, yang medominasi WNA itu yang melakukan pekerjaan di Tambang, ada pun dari Taiwan yang melakukan penilitian. “WNA yang masuk ini ada yang bekerja, ada yang lakukan penelitian dan lainnaya,” kata Kamal. Menurutnya,  rata-rata yang masuk memiliki ijin, karena jika tidak memiliki ijin melanggar aturan dan sanksinya bisa masuk penjara. (Cha/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: