Yosana Berikan Paspor untuk MNI Keturunan di Filipina

Menteri Hukum dan HAM, Yosana H. Laoly menyerahkan paspor beserta izin tinggal Spesial Non-Immigrant Visa kepada perwakilan warga negara Indoensia yang berasal dari warga negara keturunan/person of Indonesian Descent (PIDs).

JAKARTA-PM.com, Menteri Hukum dan HAM, Yosana H. Laoly menyerahkan paspor beserta izin tinggal Spesial Non-Immigrant Visa kepada perwakilan warga negara Indoensia yang berasal dari warga negara keturunan/person of Indonesian Descent (PIDs). Acara penyerahan paspor dilakukan secara simbolis di Lapangan Upacara KJRI Davao, Filipina.

Pemerintah Indonesia dan Filipina sepakat untuk menyelesaikan permasalahan undocumented citizen warga negara keturunan di masing-masing wilayah perbatasan dalam forum Joint Commussion for Bilateral Cooperation (JCBC) Indonesia-Filipina di Jakarta, pada tahun 2014 lalu.

Atas dasar itu, pemerintah Filipina melalui Depertement if Justice (DOJ) bekerjasama dengan pemerintah Indonesia melalui KJRI Davao City, dengan asistensi UNHCR Filipina, telah menginsiasi program pendaftaran dan komunikasi kewarganegaraan terhadap 8.745 warga keturunan Indonesia (person of Indonesian Descent-PIDs) di Mindanao Selatan pada tahun 2016 sampai saat ini.

KJRI Davao City telah memberikan 1.259 dokumen perjalanan RI atau paspor. Dari jumlah tersebut 835 orang telah mendapatkan endorsement Special Non-Immigrant Visa/47 (a) (2) dari Depertement if Justice (DOJ).

“Ini merupakan capaian dan prestasi dalam pelayanan perlindungan warga negara Indonesia di luar negeri, khususnya terhadap warga keturunan Indonesia di Mandanao yang telah tinggal dan menetap di Filipina, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Dengan semangat melayani, kawan-kawan telah melaksanakan pelayanannya dengan maksimal. You did well. Thank you,” ujarnya.

“Namun demikian, kita tidak boleh terlena dan berpuas hati terhadap apa yang telah kita capai ini. Saya harapkan semua pihak tetap dapat bekerjasama dan bersinergi dalam mengawal dan menyelesaikan permasalahan kewarganegaraan secara tuntas,” sambungya.

Komentar

Loading...