poskomalut.com
baner header

Sesalkan Bappilu DPP Demokrat Berikan Rekom ke FM Mantap

DPC Halut Pertanyakan Keabsahan Rekom

TOBELO-PM.com, Rekomendasi partai Demokrat Rabu (01/06) yang sudah dikantongi Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Frans Manery Muhlis Tapi Tapi (FM Mantap) sebagai kendaraan politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Halmahera Utara (Halut).

Rekomendasi tersebut mendapat sorotan dari Dewan pengurus cabang Demokrat Halut, Rabu (30/06). Sekretaris DPC Demokrat Halut Alfarizi menyesalkan DPP Bappilu yang memberikan rekom ke FM Mantap sebagai petahana. “Kami (DPC) Halut mempertanyakan keabsahan SK Rekom ke FM Mantap yang dikeluarkan Bappilu DPP Demokrat,”katanya.

Protes DPC Demokrat Halut atas dikeluarkan rekomendasi Demokrat ke petahana itu, lantaran pihak Bappilu Demokrat tidak memperdulikan usulan dari DPC Demokrat Halut, yang sebelumnya diusulkan pada Balon Hariyanto Tantri Kasman H Ahmad (Cun Kasman), Ony Pulo Ponsen Sarfa (OPPO), dan Joel Wogono Said Bajak (Joel Said) yang mendaftar melalui DPC Halut.

Sementara Petahana tidak mendaftar melalui DPC Halut. Hal ini membuat DPC Halut geram dengan tindakan Bappilu DPP yang mengeluarkan rekom ke FM Mantap. “Iya, rekomendasi Demokrat sudah keluar ke Petahana, tetapi kita sesalkan karena Bappilu DPP tidak menganggap usulan DPC, bahkan rekom yang diberikan ke Petahana tidak sesuai mekanisme pendaftaran, karena FM Mantap tidak mendaftar melalui DPC Halut,” Ujar Sekretaris DPC Demokrat Halut Alfarizi, Rabu (01/07).

Lanjut ia, meski Bapilu DPP Demokrat telah mengeluarkan SK Rekomendasi ke Petahana, pihak DPC menilai tidak melalui mekanisme penjaringan hingga menyesalkan putusan Bappilu DPP mengeluarkan SK ke Petahana. DPC tak tanggung tanggung harus mengambil langka tegas dengan mempertanyakan keabsahan rekom ke Petahana yang dikeluarkan oleh Bappilu DPP Demokrat.

“Kami sesalkan Bapilu DPP karena menyerahkan SK Rekom ke Petahana tidak sesuai mekanisme partai penjaringan Bapaslon, sehingga kami mempertanyakan atas putusan Bappilu DPP,” Cetusnya.

Menurut Ia, SK yang dikeluarkan Bappilu DPP itu secara tegas menyalahi mekanisme penjaringan Bapaslon. Sebab, Paslon petahana tidak mendaftar melalui DPC Demokrat Halut, namun langsung mendaftar ke DPP Bappilu. Tindakan ini tentunya pihak DPP Bappilu Demokrat tidak menganggap kewenangan DPC Demokrat dalam penjaringan. Seharusnya jika sesuai mekanisme maka pendaftaran melalui DPC kemudian ke DPD Demokrat Provinsi, lalu ke DPP Demokrat, Sementara Petahana FM Mantap tidak mendaftar melalui DPC Demokrat Halut. Mirisnya Bappilu DPP Demokrat diam diam mengakomudir pendaftaran FM Mantap melalui Bapillu DPP yang jelas jelas menyalahi mekanisme. Hal ini, secara nyata Bappilu DPP Demokrat tidak menghargai mekanisme penjaringan di tingkat DPC.

“Sementara kita ada membahas dalam internal DPC Demokrat untuk mempertanyakan atas putusan Bappilu DPP yang mengeluarkan rekom ke petahana, bagi kami itu tidak sesuai mekanisme dan kami menyesalkan,” akhirinya.(mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: