17 Akses Transportasi Keluar-Masuk Halmahera Utara Ditutup

TOBELO-PM.com, Pasca ditetapkan dua pasien positif Corona virus desiase (Covid 19) di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), dan ditambah satu pasien positif dari Kabupaten Demak, Jawa tengah yang pernah berkeliaran di Halut, Rabu (29/04) akhirnya Bupati Halut Frans Manery mengeluarkan instruksi menutup 17 akses transportasi keluar masuk Halut laut, darat dan udara.

Penutupan tiga akses darat, laut, dan udara ini berdasarkan surat intruksi dengan nomor 28/Satgas Covid 19/Halut tentang penutupan jalur transportasi keluar masuk di Wilayah Halut. Penutupan berlaku sejak 1 Mei 2020 hingga 1 Juni 2020.

Juru bicara Covid-19 Kabupaten Halut Deky Tawaris mengatakan, ketiga Akses yang ditutup itu yakni akses laut Laut Pelabuhan Tobelo, Pelabuhan Galela, Pelabuhan dama, pelabuhan posi-posi, pelabuhan daru, Pelabuhan NHM Tanjung Barnabas, Pelabuhan Todokuiha (Mawea), Pelabuhan Pitu, Pelabuhan Speed Dufa-Dufa, dan Pelabuhan Kao.

Sementara akses udara yakni Bandara Kaubang Kao, Bandara Gamarmalamo Galela, dan Bandara Kobok PT NHM, Untuk akses darat, Jalur Desa Tetewang, Kao Teluk, Jalur Desa Tolabit Kao Barat, dan Jalur Desa Roko Galela Barat.

"Penutupan akses transportasi itu, tidak diperbolehkan ada aktivitas keluar masuk orang di wilayah Halut, kecuali bahan logistik, Kepentingan kesehatan, dan BBM," Terang Deky.

Menurut ia, jeputusan mengeluarkan instruksi itu, lantaran dalam sehari ada 180 orang dari daerah Zona merah Covid-19 masuk ke Halut, bahkan mirisnya dalam sebulan ada 20.000 lebih orang dari transmisi lokal di wilayah terpapar Covid 19 datang ke Halut. "Maka dari itu, Bupati mengelaurkan instruksi penutupan jalur transportasi dari sejak 1 Mei 2020, dan dibuka akses jalur transportasi pada 1 Juni 2020," Ujar Deky.

Lanjut ia, selain itu, penutupan akses jalur itu dikhususkan untuk orang, sementara Logistik, Kepentingan kesehatan, BBM dan keamanan tetap berlansung seperti biasa. "Atas dekrit instruksi itu, Masyarakat diminta tenang, patuh himbauan pemerintah, tetap berdiam dirumah, menjaga jarak, menjauhi kerumunan orang, tetap menggunakan masker, dan berdoa," Akhirinya.(mar/red)

Komentar

Loading...