poskomalut.com
baner header

Bawaslu Gelar Bimtek Panwascam se Halut

TOBELO-PM.com, Bawaslu Kabupaten Halmahera Utara sejak Senin (10/02/2020) hingga Rabu (12/02/2020) gelar Bimbingan teknis (Bimtek) kepada komisioner Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Halut.

Dalam Bimtek itu, Ketua Bawaslu Halut Rafli Kamaludin menegaskan, Panwascam harus komitmen melaksanakan pengawasan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.
Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Greandland Tobelo selama tiga hari itu, dihadiri Bawaslu Provinsi Maluku Utara (Malut) Hj. Masita Nawawi, tiga Komisioner Bawaslu Kabupaten Halut, dan komisioner Panwascam di 17 Kecamatan se Halut, dengan materi Bimtek yang disajikan bentuk diskusi dan simulasi penanganan pelanggaran serta penyelesaian sengketa secara cepat.
Ketua Bawaslu Halut Rafli Kamaludin usai kegiatan mengatakan, bimtek ini bagian dari penguatan kapasitas Sumber daya manusia (SDM) aparatur penyelenggara pengawas adhock di tingkat kecamatan, dan bagian sekertariat. Materi bimtek yang disajikan dalam bentuk diskusi, dan simulasi penanganan pelanggaran, penyelesain sengketa Pilkada tahun ini secara cepat, tentunya membutuhkan dukungan sekertariat. “Saya sangat berharap agar komisioner panwascam mampu menjaga hubungan yang baik dengan sekertaris demi kelancaran administrasi tahapan pilkada,” ujarnya.
Menurut ia, paling terpenting dalam Bimtek ini, untuk langkah pencegahan, dan pengawasan selama tahapan Pilkada berjalan, terus dilakukan, baik secara tertulis maupun secara lisan. Hal ini agar kesadaran masyarakat untuk melakukan perbuatan yang dilarang dalam Pilkada dapat dihindarkan. “Panwascam juga diharapkan agar bersikap ramah dan santun kepada seluruh calon konstentan dan pemilih Pilkada selama bersosialisasi dan melayani sesuai, aturan yang berlaku, saya meminta Panwascam harus komitmen dengan materi dan simulasi yang telah di dapat selama Bimtek,” akhirinya.(mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: