poskomalut.com
baner header

BPS Halut Gelar Sosialisasi Sensus Penduduk Bersama Wartawan dan Diskominfo

TOBELO- PM.com, Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Halmahera Utara Rabu (15/01/2010), menggelar bedah data strategis BPS Sensus Penduduk 2020, bersama kalangan wartawan dan Kominfo Persandian Halut di ruang rapat BPS Halut.
Kegiatan tersebut ini diadakan dalam rangka sosialisasi Sensus Penduduk 2020 dalam menjemput pesta demografi tahun 2020. Dibuka oleh Kepala BPS kabupaten Halmahera Utara, Harim Arossid. “Dengan adanya kegiatan ini, wartawan dapat membantu sosialisasikan kepada masyarakat agar sukseskan sensus penduduk 2020,” ujar Kepala BPS kabupaten Halmahera Utara, Harim Arossid.
Arossid berharap, dengan kegiatan ini, BPS bisa berkolaborasi dan berbagi dengan wartawan. BPS merupakan penyedia data statistik untuk masyarakat. “Kami seperti wartawan memberi data statistik dari pemerintah untuk menjadi bahan pemberitaan bagi media mengenai kondisi di kabupaten Halut,” ujarnya.
Arossid mengatakan, BPS banyak menghasilkan data yang dapat digunakan untuk pengambilan kebijakan oleh pemerintah maupun oleh lembaga lain demi kesejahteraan masyarakat. “Terkadang data atau indikator yang dihasilkan BPS, belum banyak dipahami sehingga apabila data yang salah diterjemahkan dan di infornasikan maka dampaknya data tersebut akan disalah artikan oleh masyarakat, ” katanya.
Selain itu, Ia menambahkan BPS tidak hahya menyediakan data tapi juga mempublikasikan data tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami. “Waratawan dapat membantu BPS mempublikasikan data yang dihasilkan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, ” imbuhnya.
Ia menegaskan, dengan kegiatan ini wartawan mendapat tambahan wawasan, khususnya dalam membaca data statistik, agar ulasannya lebih baik dan menghitung data lebih bagus. “Diharapkan kapasitas membaca data statistik para wartawan bisa lebih meningkat. Kita bisa sharing,” katanya.
Ia mengajak wartawan mensukseskan Sensus Penduduk 2020 di kabupaten Halmahera Utara. Sensus penduduk merupakan pekerjaan negara yang harus dimanfaatkan. “Penduduk di Indonesia harus tercatat di sensus penduduk, termasuk di Halmahera Utara” tandasnya.(mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: