Brimop Kompi 1 Bataliyon A Pelopor Gelar Donor Darah

Donor Darah oleh Anggota Brimob

TOBELO-PMl.com, Demi mendukung pemenuhan stok darah ditengah ancaman pandemi Covid 19, Rabu (15/04), sejumlah personel Kompi 1 Bataliyon A, Pelopor Satuan Brimob Polda Malut, menggelar donor darah, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Donor darah yang bertajuk Brimob Untuk Indonesia itu bertempat di Mabes Brimob Desa Kupa Kupa, Kecamatan Tobelo Selatan, Kabupaten Halut, dihadiri sejumlah anggota Brimob dan tim medis dari PMI Halut.

Komandan Kompi 1 Bataliyon A Pelopor, AKP Mahrus Munir mengatakan, kegiatan donor darah oleh sejumlah personil Kompi 1 Batalyon A Pelopor ini, untuk menindak lanjuti perintah Dankor Brimob ST Kapolri Nomor :ST/1127/IV/KEP/2020, tentang donor darah dalam rangka mendukung PMI memenuhi stok darah di tengah wabah Covid-19.

“Kegiatan donor darah merupakan instruksi Kapolri dalam rangka membantu PMI menyediakan stok darah dalam mengantisipasi wabah Covid-19,” ujarnya.

Mahrus menambahkan, donor darah ini, sudah direncanakan sejak, Senin awal pekan ini, namun terhalang stok kantong darah.

"Karena stok RSUD Halut terbatas, sehingga pelaksanaan baru dilangsungkan," katanya.

Sementara itu, dr. Jeini Stela Akualing mengatakan, donor darah yang digelar itu, untuk menampung stok khusus golongan dara A, AB, dan O. Sedangkan untuk golongan darah B belum bisa diambil, karena tempat penyimpanan darah golong B masih full.

"Kita hanya ambil tiga golongan dara, A, AB, dan O, sementara golongan darah B stoknya masih full," Beber dr Jeini.

Ia mejelaskan, kegiatan donor darah ini juga, sekaligus dilakukan pemeriksaan lanjutan terhadap sample darah pendonor, untuk mencegah penyakit spilis, malaria, TBC, dan lain-lain. Sehingga hasilnya juga akan dilaporkan ke pimpinan Brimob, dalam hal ini komandan kompi, agar dilakukan penanganan medis.

"Setelah dilakukan donor darah ini akan kami buatkan kartu bagi personil yang melakukan donor, dari 55 personil Brimob yang bersedia mendonorkan darah mereka, hanya terhimpun 12 kantong saja. Karena personil yang lain sudah banyak juga yang melakukan donor untuk kemanusiaan di RSUD Halut, dengan jarak waktu donor terlampau dekat," akhirinya. (mar/red)

Komentar

Loading...