poskomalut.com
baner header

Dishub Morotai Siapkan Dua Metode Dorong PAD

MOROTAI-PM.com, Dalam rangka mendorong Pendapatan Asli Daerah  (PAD), khususnya melalui jasa parkir, maka Dinas Perhubungan (Dishub) Pulau Morotai tengah menyiapkan dua metode untuk merubah sistem pembayaran jasa parkir bagi angkutan umum di pasar. Metode jasa parkir seperti yang dilakukan saat ini, misalnya pembayaran dilakukan  setiap kali masuk ke areal pasar dan metode kedua, yaitu sistem kontrak dengan hitungan pembayaran per bulan atau pertahun.

“Contohnya, kita buat semacam MoU dengan angkutan umum, sehingga ketika Bentor atau mobil masuk dia bayar 1 tahun atau 1 bulan. Jadi selama 1 tahun atau 1 bulan itu dia kaluar masuk pasar gratis. Ini yang sementara digodok, tapi kita akan sosialisasi terlebih dulu,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pulau Morotai, Ahdad Hi Hasan, kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dua  metode ini digodok tujuannya untuk mengoptimalkan pendapatan daerah.

“Biar lebih jelas pendapatannya, kalau receh-receh setiap hari kurang maksimal lah. Jadi setiap hari kalau dia bayar 1000 kita akan hitung, sehingga setiap bulan berapa, atau setiap enam bulan berapa, atau satu tahun berapa, dia bayar itu langsung masuk ke kas daerah. Saya mau rubah sistem sehingga betul-betul pendapatan itu dia transparan,” katanya. 

Menurutnya, kebijakan ini baru direncanakan. Untuk saat ini Dishub masih fokus pada sosialisasi wilayah parkir Pasar Rakyat Gotalamo II yang perbupnya yang sudah selesai dibuat tinggal ditanda tangani Bupati.

“Saat ini kita fokus ke Sosialisasi dalam hal pindah pasar, soal mengatur tata letak parkir Bentor, mobil, maupun roda dua. Nanti setelah wilayah parkir selesai, baru kita mulai masuk ke situ,” pungkasnya. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: