poskomalut.com
baner header

FPIK Unipas Morotai Diversifikasi Produk Ikan Tuna di Kolorai

MOROTAI-PM.com, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pasifik Morotai (Unipas) beberapa hari kemarin menggelar kegiatan pelatihan diversifikasi produk perikanan (Pembuatan Nuget, empek-empek, Kaki Naga dari ikan tuna), penanaman manggrof, transplantasi terumbu karang dan Dialog Publik tentang sosialisasi mitigasi bencana di pulau kecil berbasis sumber daya pesisir dan laut bertempat di Desa Kolorai.

Kegiatan tersebut adalah bentuk pengabdian Kampus terhadap masyarakat.”Kegiatan itu diikuti oleh 63 mahasiswa terdiri baik semester 2,4 dan 6 serta sejumlah dosen FPIK. Kegiatan dilaksanan selama 4 hari terhitung dari 9-12 Juni 2021,”jelas Dekan Perikanan dan ilmu Kelautan, Djainudin Alwi kepada awak media.

Menurutnya, kegiatan Unipas Morotai itu langsung melibatkan masyarakat setempat, hanya saja, karena perdana maka butuh kesiapan yang lebih dimaksimal jika dilakukan kegiatan kembali kedepan.

“Memang untuk keterlibatan sudah ada, namun diharapkan kedepan lebih aktif lagi. Selain itu, dengan pengabdian ini kita bisa mengidentifikasi masalah-masalah dihadapi oleh masyarakat sehingga kegiatan dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,”harapnya.

Kismanto koroy, salah satu dosen FPIK lainnya juga menambahkan bahwa program Unipas itu menjadi bakat dari transfer ilmu ke masyarakat misalnya terkait mitigasi bencana serta kegiatan pengembangan potensi laut dan lainnya.

“Dengan kegiatan ini, ilmu dimiliki mahasiswa dapat ditransfer ke masyarakat. Ada beberapa kegiatan dilakukan, salah satunya sosialisasi mitigisi bencana di pulau kecil berbasis sumber daya pesisir dan laut. Harapanya kegiatan ini terus dilakukan olehnya itu, kami minta dukungan juga dari pimpinan Unipas, dan Pemda. Karena memang pulau-pulau kecil ini butuh sentuhan begitu juga dengan akademisi agar dapat melakukan pengembangan,” tambahnya. (Ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: