Halut Darurat; Tahun 2022 Koleksi Kasus Bunuh Diri Terbanyak di Maluku Utara

Foto Tali Gantung yang digunakan Korban mengakhiri Hidup

TOBELO-PM.com, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) paling tertinggi angka gantung diri sepanjang Tahun 2022. Negeri Hibualamo itu, sudah masuk kategori darurat kemanusiaan. Dicatat Sudah 13 Nyawa warga Halut tewas gantung diri sepanjang tahun 2022.

Berdasarkan laporan Polres Halut tercatat hingga Desember 2022 ini sudah 13 kasus gantung diri. 13 kasus itu, dengan motif yang berbeda beda, mulai dari putus asa dipengaruhi Minuman Keras, Putus Cinta, hingga gegara beda Fens Sepak Bola Piala Dunia Qatar. Mirisnya hingga dipenghujung tahun 2023 belum juga direspon Pemerintah soal darurat kemanusiaan.

Kapolres Halut melalui Kasi Humas Iptu Colombus Goduru, mengatakan, kasus bunuh diri ditangani sejak Januari hingga Desember 2022, sudah 13 Kasus warga Halut ditemukan bunuh diri dengan cara mengantung diri.

"Kasus pertama pada 9 Januari 2022, seorang petani di Kecamatan Kao Utara berinisial YP alias Yos (46) ditemukan tergantung di pohon nangka di salah satu kebun warga, dengan motif kecewa soal bagi bagi harta warisan,” bebernya.

Kemudian kasus kedua Oktober 2022 tepatnya pada Senin, 31 Oktober 2022, seorang pria (18) asal Tobelo Tengah ditemukan gantung diri di dalam kamarnya. Selain gantung diri, Polres juga mencatat kasus penemuan mayat di Halmahera Utara,“penemuan mayat berinisial IAN alias Isu (43) di Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo, juga diduga karena bunuh diri,” kata Coombus, Selasa (6/12).

Selanjutnya, bocah 4 tahun asal Kecamatan Kao Barat ditemukan tenggelam saat bermain sendiri di pinggir sungai sehingga tercebur dan terbawa arus sungai.

"Kasus yang kami kantongi saat ini kurang lebih 18 korban. Terhitung gantung diri dan penemuan mayat. Tapi itu belum terhitung dengan bulan November dan Desember," ujarnya.

Ia menambahkan, pada November 2022, terjadi penambahan 2 kasus bunuh diri di Halut. Ditambah satu kasus lagi di awal Desember 2022.

"Terhitung 21 kasus sepanjang tahun ini, dengan rincian 8 merupakan kasus temuan mayat dan 13 kasus gantung diri," Ujarnya.(Mar/red)

Komentar

Loading...