Halut Tiga Tambahan Positif, Satu Meninggal Dunia

Pemakaman Pasien Positif yang meninggal

TOBELO-PM.com, Perkembangan Covid 19 Kabupaten Halmahera Utara (Halut) makin memperhatinkan. Hal ini setelah ada tambahan terkonfirmasi positif Covid 19 sebanyak 3 orang, dan satu pasien terkonfirmasi positif asal Malifut meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Halut Deky Tawaris mengatakan, Pasien positif Covid-19 asal malifut yang meninggal dunia berinisial YN (63) berjenis kelamin laki laki, Rabu (14/05) pukul 10.55 WIT pagi tadi menghembuskan nafasnya yang terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah Tobelo.

Pasien meninggal karena mengalami sakit ginjal, dan terkonfirmasi positif covid-19 setelah sore tadi didapatkan hasil pemeriksaan swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kemenkes Makasar setelah beberapa waktu hasil swabnya dikirim melalui RS CB Ternate. "Bersangkutan mempunyai kontak erat dengan istrinya yang melakukan perjalanan dari Jakarta, Ambon ke Ternate menggunakan kapal KM Dorolonda, yang bersangkutan sempat mengalami sakit dan lemas, dan sempat ditangani oleh PKM Malifut, namun setelah di lakukan Rapid Test oleh PKM Malifut hasilnya menunjukan reaktif, sehingga yang bersangkutan langsung dilarikan ke RSUD Tobelo untuk di lakukan swab dan mendapatkan perawatan lanjutan," Ujar Deky.

Lanjut Deky, yang bersangkutan mulai mendapatkan perawatan sejak tanggal 3 Mei 2020 saat pertama kali masuk ke RSUD Tobelo, dan selama menjalani perawatan 11 hari di RSUD Tobelo, yang bersangkutan baru diketahui ternyata mengalami sakit ginjal sesuai dengan hasil pemeriksaan tim medis. Selama dalam perawatan kondisi pasien terlihat semakin memburuk sampai pada akhirnya pasien meninggal dunia. "Hari ini pasien akan dipulangkan ke Desanya di Kecamatan Malifut untuk dikuburkan, dan penguburan akan dilaksanakan dengan menggunakan standar protocol covid-19 yang telah ditetapkan," Terang Deky.

Lanjut Deky selain satu pasien postif yang meninggal dunia, Hari ini kembali bertambah 3 orang yang terkonfirmasi positif covid-19 setelah dikeluarkannya hasil pemeriksaan swab tadi sore oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kemenkes Makasar, yang dikirim beberapa waktu lalu melalui Rumah Sakit Chasan Boesoeri Ternate. Ketiga orang tersebut masing-masing berasal dari Kecamatan Malifut sebanyak 2 orang yaitu 1 orang berinisial YN mempunyai riwayat kontak erat dengan istrinya yang melakukan perjalanan dari Jakarta, Ambon menggunakan Kapal KM Dorolonda meninggal tadi pagi, dan Rb (63) tahun berjenis kelamin Laki-laki mempunyai riwayat perjalanan dari Ambon menggunakan kapal KM Dorolonda.

" 1 orang lagi berinisial AR (23) tahun berjenis kelamin perempuan berasal dari Kecamatan Tobelo Selatan mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif 01 asal Kecamatan Tobelo Selatan," terangnya.

Selain itu orang dalam pemantauan (ODP) hari ini kembali berkurang 2 orang, setelah dinyatakan bebas pemantauan oleh tim medis setelah menjalani masa karantina selama 14 hari di salah satu tempat karantina terpusat tidak menunjukan gejalan covid-19, kedua orang tersebut berasal dari Kecamatan Kecamatan Malifut 1 orang, dan Kecamatan Tobelo Selatan 1 orang, kedua orang tersebut mempunyai riwayat perjalanan dari zona merah dan saat ini telah dizinkan pulang kerumahnya masing-masing.

"Perkembangan update data hingga hari ini Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 14 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 8 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 0, Sembuh 1 orang, Meninggal 1 orang, dan terkonfirmasi positif covid-19 6 orang. (mar/red)

Komentar

Loading...