Hasyim: CJH Morotai Belum Ajukan Pengembalian Biaya

Biaya Haji

MOROTAI-PM.com, Kepala Kantor Kemenag Pulau Morotai Hasyim Hamzah, mengungkapkan, hingga saat ini, 46 Calon Jamaah Haji (CJH) Morotai belum mengajukan pengembalian Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Padahal, pemerintah telah mengumumkan pembatalan keberangkatan CJH dari Indonesia tahun 2020 akibat dari wabah virus korona yang menghantam dunia.

"Untuk jamaah haji Morotai sampai saat ini belum ada yang lakukan penarikan BPIH,” ungkap Hasyim, kepada sejumlah awak media di kantornya, Selasa (09/06).

Saat pembatalan penyelenggaraan pelaksanaan haji, maka setiap jemaah haji bisa melakukan pengembalian dana pelunasan sesuai dengan keputusan Kementerian Agama.

"Terkait dengan pengajuan atau penarikan biaya BPIH itu dengan kententuan bagi jamaah dalam mengajukan permohonan untuk penarikan dana itu difasilitasi oleh Kemenag, kita di Morotai siap membantu sebisa mungkin," kata Hasyim.

Sementara untuk aturan pengajuan permohonan pengembalian dana terang Hasyim, telah diinformasikan ke para CJH. Hanya saja, sampai saat ini belum ada pengajuannya. Namun, jika terdapat jamaah yang menarik BPIH, akan dilihat kembali apakah yang bersangkutan hanya menarik uang pelunasan haji, maka status jamaah masih masuk dalam daftar tunda tahun 2022. Sementara jamaah yang menarik seluruh biaya hajinya termasuk kursi kloter maka jamaah itu dinyatakan batal naik haji.

"Kita sudah lakukan sosialisasi ke semua jamaah, baik lewat surat dan turun langsung. Untuk calon jamah haji terdaftar di tahun 2021 maka berangkat ditahun 2022 jadi bergeser seperti itu, bukan digabung dengan tahun sebelumnya," akhir Hasyim. (ota/red)

Komentar

Loading...