poskomalut.com
baner header

Inspektorat Halut Minta Warga Masukan Laporan Dugaan Korupsi ADD dan DD

TOBELO-PM.com, Inspektorat Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menanggapi sejumlah dugaan permasalahan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Tolonuo, Kecamatan Tobelo Utara dan Desa Kuntum Mekar, Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Inspektorat meminta, agar warga memasukan laporan secara tertulis.

“Untuk Desa Kuntum Mekar dan Tolonuo kita belum menerima laporan, untuk itu jika ingin diproses, maka warga harus melaporkan ke kami,” ujar Kepala Inspektorat Halut, Tony Kapuw, pada Posko Malut, Senin (10/02/2020).

Menurutnya, mekanisme menindaklanjuti kasus, pihaknya menerima laporan terlebih dahulu. Setelah itu dikaji, jika dalam kajian laporan ada sejumlah bukti yang kuat, bahwa ada indikasi dugaan penyalahgunaan ADD dan DD, maka pihaknya lansung merekomendasikan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan disampaikan ke Bupati.

“Ada beberapa Desa suda ditindaklanjuti dan sudah selesai. Sementara untuk Kuntum Mekar dam Tolonuo belum ada laporan yang masuk, silahkan saja dimasukan laporan ke kami,” tuturnya.

Lanjutnya, untuk Desa Tolonuo dan Kuntum Mekar yang suda beredar melalui media itu, pihaknya belum bisa bertindak, lantaran tidak ada laporan yang masuk. Bagi ia, memang untuk klafikasi kasus DD dan ADD ini ada dua, jika tidak ada item kegiatan bangunan yang dibangun, maka bisa masuk dalam temuan, sementara jika ada selisih bangunan materialnya, atau pengurangan volume bangunan, maka itu akan dibuat pembinaan. “Kita palingan membuat pembinaan jika klafikasi temuan kasusnya kecil, namun jika besar maka tetap di proses,” akhirnya. (mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: