poskomalut.com
baner header

Jadwal Tes SKB di Morotai Menunggu Panselnas

MOROTAI-PM.com, Usai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) beberapa waktu lalu, Pemda Pulau Morotai belum mengetahui jadwal pelaksanaan  Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi CPNS yang dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pasalnya, jadwal SKB itu bakal ditentukan oleh Panselnas. Sementara daerah sifatnya hanya menyesuikan.

“Sampai sekarang belum ada penetapan jadwal SKB dari Panselnas. Karena masih ada beberapa kabupaten/kota yang masih melaksanakan proses SKD. Nanti selesai semua SKD baru Panselnas akan menetapkan jadwal untuk masuk proses SKB. Tapi kemungkinan di bulan Maret mendatang sudah dilaksanakan SKB,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), M Umar Ali, Jumat (21/2/2020). 

Menurutnya, selain itu tes SKB adalah seleksi terakhir untuk menentukan dan menetapkan CPNS yang dinyatakan lolos.”Setelah selesai SKB akan dipanggil untuk pencocokan data. Setelah itu Panselnas akan menyerahkan hasil akumulasi antara SKD dan SKB dalam bentuk perengkingan kepada masing-masing instansi pemerintah kabupaten, provinsi dan kementrian. Di situ baru data itu langsung ditetapkan dalam bentuk keputusan bupati terkait penetapan nama-nama yang dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2019. Setelah SK diterbitkan, diumumkan baru dari SK itu dilakukan proses penetapan NIP,” jelasnya. 

Sedangkan lanjut dia,  sistem kelulusan SKD sampai pada SKB dihitung berdasarkan perengkingan dari masing-maisng formasi, dengan rumus tiga kali formasi. Dengan begitu 189 orang CPNS Morotai yang sudah dinyatakan lulus dalam tes SKD belum tentu lolos SKB. ” 189 orang yang lulus SKD itu belum tentu semuanya bisa ikut SKB karena diambil tiga kali formasi itu. Jadi dari satu formasi diambil tiga besar saja. Misalnya formasinya 1 yang lulus 5 berarti yang diambil hanya renking 1 sampai 3 saja. Kalau formasinya 2 berarti renkin 1-6 saja. Sukur-sukur kalau formasi 3 yang lulus 2. Itu berarti yang dua orang itu bukan hanya berpeluang lolos ke SKB tapi tidak menutup kemungkinan mereka juga lulus CPNS,”tutupnya.(ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: