Ibnu : Janlis Dapat Diterima Disemua Kalangan

Janlis Figur Dinanti Warga Halut 2024

Janlis bersama Tokoh Masyarakat

TOBELO-PM.com, Setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Utara (Halut) Janlis G Kitong mengakar dihati Warga Halut, kini Janlis menjadi figur dinanti Warga Halut untuk menuju pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Halut 2024.

Pasalnya, kiprah Janlis selama menjadi Ketua DPRD Halut, banyak trobosan kebijakan yang menyentuh kepentingan rakyat kecil. Trobosan itu, berupa Janlis mengawal kebutuhan rakyat dari Desa Apulea sampai pasir putih Kabupaten Halut. Tak hanya itu, karir politik Janlis selama menjadi legislator pun, Janlis tidak pernah luput dari tugas dan tanggung jawab mengemban amanah wakil rakyat. Atas dasar itu, Janlis menjadi figur yang dinanti masyarakat pada Pilkada 2024 mendatang.

Salah satu tokoh masyarakat Halut Fakir Boboleha menilai, sosok Janlis sebagai Ketua DPRD Halut itu, pejabat yang tidak mengenal pilih kasih dalam melayani kepentingan masyarakat. Sebab, meski bukan Daerah pemilihannya pun, Janlis tetap memprioritaskan selama itu berkaitan kepentingan masyarakat.

"Bagi saya Janlis sudah harus menuju bursa Kandidat di Pilkada Halut, sebab Janlis figur tepat untuk memimpin Halut, karena memiliki karakter kepemimpinan yang tidak pandang bulu, dan bekerja keras demi kemajuan daerah serta berani mengambil kebijakan untuk kepentingan rakyat," Ujar Fakir.

Sementara pandangan terkait Janlis datang dari tokoh pemuda Nasrullah Kayeli menuturkan, meski dirinya secara pribadi tidak saling mengenal, namun lewat karir politik janlis selama tiga periode menjadi DPRD dan saat ini, tengah menjabat ketua DPRD Halut, Janlis tidak asing dimata masyarakat sebab lewat tangan Janlis banyak pembangunan di Desa dapat dibangun, meski bukan daerah pemilihannya. Sosok figur seperti Janlis ini, seharusnya maju pada Pilkada 2024 nanti.

"Saya secara pribadi tidak mengenal Janlis, namun lewat karirnya saya merasa kenal dekat, sebab kepiawian Janlis untuk melayani rakyat dapat terbukti, melalui karyanya, bagi saya Janlis adalah sosok figur yang menjadi impiana masyarakat untuk memimpin Halut," Tuturnya.

Terpisah Akademisi Universitas Halmahera Ibnu Kanaha mengamati, Janlis memiliki karakter kepemimpinan yang khas. Meski Janlis hanya bermodal pengalaman menjadi legislator, Janlis mampu mempraktekan ciri ciri kepemimpinan demokratis, tanpa pandang bulu. hal itu seperti menurut Woods (2004) dalam laliasa et al. (2018), gaya kepemimpinan ialah kemampuan mempengaruhi orang lain agar mau bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara berbagai kegiatan yang akan dilakukan ditentukan bersama antara pimpinan dan bawahan.

"Hal itu juga sama seperti gaya kepemimpinan Janlis selama menjadi ketua DPRD Halut, dimana Janlis mampu membangun hubungan kerja sama antara Eksekutif dan Legislatif, bahkan Janlis mampu membangun hubungan kerja dalam internal DPRD sesuai teori kepemimpinan demokratis," Bebernya.

Lanjut ia, Janlis mampu menerapkan Karakter kepemimpinan demokratis. Dimana Janlis memiliki skil memahami kebijakan beranggaran, dan kebijakan pembangunan secara administrasi, sehingga kebijakan yang dilahirkan oleh Janlis mampu menyetuh ke Masyarakat. Pengalaman Janlis ini, tentunya layak jika rakyat mendorong Janlis untuk memimpin Halut 2024.

"Janlis dapat diterima dikalangan akar rumput, baik itu dikalangan pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, birokrat, adiningrat, dan masyarakat kecil, hingga pengusaha, Janlis memiliki peluang pada Pilkada 2024, karena karirnya dapat dirasakan semua kalangan," Akhirnya.(Mar/red)

Komentar

Loading...