poskomalut.com
baner header

Janlis Minta Empat Suku Dukung Tambang Rakyat PT NHM

TOBELO-PM.com, Sebagai upaya untuk mendukung kesejahteraan masyarakat, Ketua DPRD Halut Janlis G Kitong bakal melaksankan pertemuan bersama empat suku masyarakat lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). Ini dilakukan setelah ada pertemuan antara ketua empat suku dan ketua DPRD Halut beberapa waktu lalu.

Ketua DPRD Halut Janlis Kitong mengapresiasi pertemuan tersebut, karena langkah yang diambil keempat suku sebagai bentuk ikut membangun daerah, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta bersinergis dengan PT NHM.

“Salah satu mendorong kesejahteraan masyarakat yakni dengan mendukung langkah NHM membuka tambang rakyat. Sebab, saya sudah menyaksikan di mana PT Indotan mensejahterakan masyarakat lingkar tambang di Sumbawa Barat Provinsi NTT. Saya tegaskan bahwa tambang rakyat yang dibuka PT NHM mampu memberi kesejatraan,” ujarnya, Rabu (6/10/2021).

Lanjut Janlis, dalam pertemuan awal dengan Suku Boeng, lebih khusus membicarakan kepentingan daerah terutama terhadap harapan masyarakat lingkar tambang. Maka, selanjutnya akan dilakukan pertemuan bersama empat suku di Kao yang digelar pada Jum’at 8 Oktober nanti.

“Kami sangat mengapresiasi atas dukungan yang diberikan salah satunya suku Boeng atas lahirnya rakyat menambang yang dilakukan PT NHM. Di mana ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

“Jadi kita harus samakan pikiran dan tinggal mendudukan bagaimana masing-masing saling menghargai, karena apa yang dilakukan Haji Robert berdampak positif kepada masyarakat dan pemerintah, termasuk suku adat di dalamnya. Nantinya pada Jum’at mendatang kita diskusi terkait teknis seperti apa,” sambungnya.

Menurutnya, jika ini berhasil apa yang telah diberikan Haji Robert terutama orang yang jujur tentunya akan memiliki manfaat.

“Kita bersama pemerintah baik dari kabupaten dan desa menyatu dan mendukung program yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat. Kita harus satu hati bahwa ini rakyat menambang,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi 4 Suku, Dominggus Ishak Bitjara, usai pertemuan kepada masyarakat menyebutkan, bahwa langkah yang dilakukan DPRD Halut melihat apa yang menjadi harapan masyarakat dilingkar tambang terutama aspirasi dari keempat suku sangatlah diapresiasi.

“Kedatangan kami ke DPRD bertemu dengan ketua, dan diterima dengan baik, hal ini dilakukan untuk bagaimana memikirkan kesejahteraan masyarakat di Halut dan secara khusus di lingkar tambang. Komunikasi ini dilakukan bersama dengan wakil rakyat agar niatan baik dari presdir dapat berjalan dengan baik,” tukasnya. (Mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: