Juni, BLT DD 196 Desa se-Halut Disalurkan

Kadis PMD Halut Wenas Rompis

TOBELO-PM.com, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) telah memastikan waktu penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dari 196 Desa se Kabupaten Halut." Kita pastikan untuk Juni sudah disalurkan, sementara sudah di Surati ke 196 Desa se Halut terkait waktu penyaluran BLT DD," ujar Kadis PMD Halut Wenas Rompis, Jumat (15/05).

Ia membeberkan kesiapan penyaluran itu dipastikan tepat sasaran sesuai 14 syarat kategori warga tidak mampu, yang layak menerima BLT DD senilai Rp. 600 ribu per Kepala Keluarga (KK). Kepastian waktu dibulan Juni itu, karena untuk Petunjuk teknis (Juknis) dan teknis penyaluran lainya suda di kirimkan ke 196 Desa se Halut.

"Untuk Juknis dan Teknis penyaluran dana sudah kita kirimkan ke desa desa, karena kita target Juni suda mulai pencairan dana BLT DD," Ujarnya.

Menurut Ia, penyaluran BLT DD yang ditargetkan pada bulan Juni itu, disesuaikan dengan masa pencairan DD tahap II. Hal itu, juga ada penekanan dari pusat bahwa jika tidak disalurkan BLT DD ini, maka pencairan tahap III DD tidak di bisa dicairkan, karena Pemerintah pusat tidak menyalurkan anggaran tahap III DD. Selain itu, mekanisme penyaluran BLT DD sesuai Peraturan Bupati (Perbup) dan surat edaran Sekretaris Daerah Pemda Halut. "Penyaluran BLT DD ini, kita akan ikuti 14 syarat wajib penerima BLT DD, untuk warga tidak mampu yang sudah menerima bantuan PKH, dan Sembako tidak bisa lagi menerima BLT DD," tegas Rompis.(mar/red)

Komentar

Loading...