Kanwil Kemenkumham Malut Laksanakan Audit Kepatuhan On-Site Terhadap Notaris di Halut

TOBELO-PM.com, Dalam rangka meningkatkan fungsi pengawasan terhadap notaris yang berada di Maluku Utara, dan untuk mendukung Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU/PPT) maka dilaksanakan Audit Kepatuhan terhadap Notaris dalam penerapan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ).

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Malut, Andi Basmal selaku Ketua Tim Audit Kepatuhan dari unsur pemerintah, didampingi tim audit dari unsur Notaris unsur Akademisi bersama tim dari Divisi Pelayanan Hukum dan HAM melakukan audit kepatuhan langsung (on-site) terhadap Notaris Kabupaten Hamlahera Utara, Kamis (19/5/2022).

Ketua Tim Audit Kepatuhan Andi Basmal dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari dilaksanakannya audit kepatuhan langsung ini yakni untuk meningkatkan pengawasan Majelis Pengawas Wilayah dan Majelis Pengawas Daerah terkait penerapan PMPJ oleh Notaris di Wilayah.

“Audit ini juga dalam rangka meningkatkan kepatuhan notaris dalam menerapkan PMPJ dan Pelaporan Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM),” ujar Andi Basmal.

Selain itu kegiatan ini juga untuk mendukung kemudahan berinvestasi/berbisnis di Indonesia yang berkepastian hukum. Salah satu yang bisa membuat kepastian Hukum itu adalah Notaris.

“Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ) sangat penting diterapkan oleh notaris untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena notaris sebagai gate keeper atau penjaga gerbang dapat mencegah kejahatan tindak pidana pencucian uang,” tegas Andi.

Kegiatan audit kepatuhan kepada Notaris Ferawati Like, S.H di Kabupaten Halmahera Utara yang rencanakan akan dilaksanakan selama 2 hari, dan pada hari pertama yakni pada hari Kamis Tanggal 19 Mei 2020 ini Tim pengawas daerah notaris dan pengawas wilayah notaris yang terdiri dari tiga unsur yaitu, unsur pemerintah, unsur akademisi dan unsur notaris.

Adapun susunan Tim Audit Kepatuhan yaitu sebagai berikut ketua tim audit dari unsur pemerintah yaitu Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Maluku Utara Andi Basmal, Wakil ketua tim dari unsur notaris, Asis, dan anggota tim dari unsur akademisi Faisal Malik, Sekretaris M. Sidik serta dari Sekretariat Ismar Adum dari Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Maluku Utara.

Dalam pelaksanaan audir, tim telah menyerahkan surat pengantar dan perkenalan tim serta penandatangan Berita Acara Entri Metting. Selanjutnya, audit akan dilanjutkan pada besok harinya, Jumat (20/05/2022).

Komentar

Loading...