Kejari Halut Berhasil Tagih Penyertaan Modal Rp 1 Miliyar dari PT Saro Nifero

Foto Tengah Kepala Kejari, Kiri Kaban BKAD dan Kanan Sekda Halut

TOBELO-PM.com, Kejaksaan Negeri Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yang dipimpin Agus Wirawan Suprapto membawa prestasi. Agus melalui Jaksa Pengacara Negara dibidang Datun berhasil menagih penyertaan Modal yang mangkrak selama 11 Tahun di PT Saro Nifero.

Pasalnya Penyertaan modal dari Pemerintah Daerah (Pemda) Halut ke PT Saro Nifero sejak tahun 2011 senilai Rp 1,7 Miliar. Pemda kerap menagih penyertaan modal itu, namun baru berhasil terbayar saat ditagih oleh pihak Kejari Halut senilai 1 Miliar. Meski begitu masih tersisa Rp 750.000.000 yang belum terbayar.

Kepala Kejaksaan Negeri Halmahera Utara, Agus Wirawan Eko Saputro mengatakan, penagihan dana penyertaan modal di PT Saro Nifero itu, setelah adanya Surat Kuasa Khusus (SKK) dari Pemda ke Jaksa pengacara negara Kejari Halut terkait bantuan hukum.

"Setelah ada surat kuasa khusus, kami negosiasi dengan pihak PT Saro Nifero untuk mengembalikan penyertaan modal ke Pemda,” kata Agus Wirawan didampingi Sekda Erasmus Yoseph Papilaya dan Kaban Keuangan dan Aset Daerah, Mahmud Lasidji, di kantor Kejaksaan Halut, Kamis (28/07/2022).

Menurut Kajari, atas hasil negosiasi itu, PT Saro Nifero mengembalikan pinjaman dana penyertaan modal sebesar Rp 1 miliar dan sisanya akan diupayakan untuk ditagih kembali.

”Dana penyertaan modal ke PT. Saro Nifero sejak tahun 2011, sisanya sebesar Rp 750 juta diupayakan ditagih lagi,” ujarnya.

Sementara Sekda Halut Erasmus Yoseph Papilaya men ke pihak Kejaksaan Halmahera Utara yang telah berhasil melakukan penagihan dana penyertaan modal ke PT. Saro Nifero.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Kajari bersama jajaran yang telah berhasil melakukan penagihan dana penyertaan modal di PT. Saro Nifero,” ucap Sekda E. Papilaya.

Erasmus menyebut, dana tersebut akan dipergunakan untuk kepentingan pembangunan berdasarkan skala prioritas yang ada.

"Dana ini, kami serahkan kepada Kaban Keuangan Daerah untuk di pergunakan bagi kepentingan daerah,” tandasnya.(Mar/red)

Komentar

Loading...