poskomalut.com
baner header

Kejari Morotai Diminta Transparan Tangani Kasus Korupsi

MOROTAI-PM.com, Walaupun tiga kasus dugaan tindak pidana korupsi, saat ini ditangani penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulau Morotai belum bisa diekspos ke publik termasuk media massa. Namun, publik berharap penanganan tiga kasus korupsi, misalnya anggaran kantor perwakilan Morotai di Jakarta, anggaran pembebasan lahan dan anggaran desa Sambiki harus dilakukan secara terbuka.

“Kalau kasus dana desa itu belum lama, sementara kasus perwakilan itu sudah di proses sejak lama, makanya seharusnya kasus itu diutamakan. Sementara Kejari beralasan di koran itu belum publis tersangka, karena jangan sampai melarikan diri,” jelas Ekal, salah satu pemerhati pembangunan dan pemberantasan korupsi Morotai kepada media ini, Kamis (30/01/2020).

Dirinya khawatir, semakin lamanya kasus ini diproses, maka publik Morotai bisa berspekulasi yang bukan-bukan, misalnya Kejari diduga masuk angin dan sebagainya. “Kalau cepat dipublikasi, maka publik tidak curiga ke Kejari, dan bisa saja masyarakat berspekulasi ada apa dengan pihak kejaksaan,” katanya.

Dengan demikian, komitmen dan konsistensi aparat penegak hukum sangatlah dibutuhkan. Bahkan, hukum harus dijadikan sebagai panglima.

“Publik Morotai sangat mendukung proses hukum, bahkan memberikan apresiasi kepada kejaksaan karena telah memproses sejumlah kasus korupsi, namun, lagi lagi transparansi itu menjadi penting,” terangnya.  (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: