Lapas Kelas II Tobelo Satu TPS 71 DPT

KPU Halut Tetapkan DPT 126.610 Ribu Jiwa Pilih

TOBELO-PM.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Jumat (15/10) akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 126.610 ribu jiwa pilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Halut tahun 2020. Penetapan DPT itu terjadi peningkatan 4000 DPT dari sebelumnya Pemilu 2019.

Komisioner KPU Halut Devisi Data Irham Puni saat dikonfirmasi mengatakan, KPU telah menggelar pleno penetapan DPT tingkat Kabupaten. Penetapan DPT itu, sesuai hasil pleno perampungan data DPT dari 17 Kecamatan se Kabupaten Halut. "Kita telah gelar rapat pleno tetapkan 126.610 DPT untuk Pilkada Halut," Ujar Irham.

Lanjut Ia, data 126.610 DPT itu sudah terdaftar didalam sistem aplikasi Sidali KPU. Sebelumnya KPU menetapkan Data DPS sebanyak 122.488 ribu. Kemudian DPS yang sudah ditetapkan KPU diumumkan ke masyarakat umum melalui PPS. Setelah mendapat tanggapan dan masukan, data yang masuk diperbaiki oleh TPS.

"Setelah tahapan perbaikan oleh TPS dilakukan, kemudian PPS menyampaikan kepada KPU dan hari ini kita plenokan untuk kita tetapkan menjadi DPT,” ujarnya.

Lanjut Ia, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Tingkat Kabupaten Halut untuk Ditetapkan Sebagai DPT dilaksanakan secara protokol kesehatan Covid-19 sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2020.

Peserta kegiatan ini dibatasi dengan hanya menghadirkan PPK, Bawaslu, Tim Pasangan Calon dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

“Semuanya hanya perwakilan. Termasuk PPK dan Bawaslu juga tidak keseluruhan hadir. Bahkan panwascam yang dalam pleno sebelumnya kita hadirkan, hari ini tidak kita hadirkan untuk pembatasan jumlah yang hadir dalam pleno,” katanya.

Setelah Rapat Pleno hari ini, selanjutnya KPU Kabupaten Halut akan mengumumkan DPT ke seluruh calon TPS di Kabupaten Halut.

Adapun, jumlah TPS di Kabupaten Halut sejumlah 421. KPU juga akan mengumumkan jumlah DPT di tempat-tempat strategis, kantor desa di seluruh Kabupaten Halut.

"Kita akan umumkan DPT ke sejumlah tempat strategis, baik itu TPS, Kantor Desa maupun tempat keramaian lainnya," Ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini KPU menetapkan satu TPS di Lapas Kelas II Tobelo Kabupaten Halut dengan jumlah DPT 86, namun jumlah itu terdapat 15 DPT tidak terdaftar dalam Aplikasi Sidali, sehingga data DPT berkurang menjadi 71 DPT.

"Data 15 yang tidak terdaftar saat dimuat di Sidali KPU, kami akan memverifikasi dengan mendatangi keluarga pemilih untuk dipastikan masuk dalam DP4," akhirinya.(Mar/red)

Komentar

Loading...