poskomalut.com
baner header

KSOP Ternate Berikan Catatan Ke PT Pelindo

TERNATE-PM.com, KSOP kelas II Ternate memberikan beberapa catatan kinerja kepada Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelindo IV Cabang Ternate sebagai operator pelayanan operasional pelabuhan di pelabuhan Ahmad Yani. Ini disampaikan dalam rapat evaluasi triwulan I di Kantor KSOP Kelas II Ternate, Rabu (21/4/2021)

Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan (Kasi Lala) KSOP Kelas II Ternate, Muchlis Djunaedy mengatakan, ada beberapa indikator kinerja BUP PT Pelindo IV yang dievaluasi. Diantaranya adalah waktu menunggu kapal, waktu pelayanan pemanduan, dan waktu efektif (jumlah jam yang digunakan bagi suatu kapal untuk melakukan bongkar muat).

“Hasil evaluasi triwulan I ini, menunjukan bahwa kinerja BUP masih dalam level baik. Namun ada beberapa catatan yang diberikan oleh kami (KSOP) pada BUP, diantaranya adalah lalu lintas kendaraan di dalam pelabuhan yang harus ditata agar lebih tertib,”kata Djunaidi saat diwawancarai usai rapat siang tadi

Ia menuturkan, pihaknya sendiri berharap agar kedepan BUP PT Pelindo IV bisa terus meningkatkan kinerja. Sehingga evektifitas pelayanan bongkar muat di pelabuhan Ahmad Yani semakin baik dan cepat, seperti penertiban lalu lintas dan pemanfaatan dermaga pelabuhan.

“Karena kita disini kan dermaga kapal kontainer dengan dergama kapal penumpang tergabung. Jadi misalnya lagi sementara kerja untuk kapal kontainer kemudian ada kapal penumpang yang masuk maka akan saling mengganggu. Ini yang perlu disiasati,”ujarnya

Djunaidi bilang, evaluasi kinerja ini dilakukan per triwulan berdasarkan PM 23 tahun 2015 tentang peningkatan fungsi penyelenggaran pelabuhan pada pelabuhan yang diusahakan secara komersial. Hasil evaluasi triwulan I ini akan dilaporkan ke Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut, paling lambat satu bulan setelah ditetapkan.

“Laporan kepada Dirjen selain melalui soft copy, juga akan dibuat pelaporan melalui aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Elektronik (SIRANI),”jelasnya.(Sm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: