Pemda Halut dan TNI-Polri Pulihkan Kondisi Pasca Banjir

Kerja Bakti Pasca Banjir

TOBELO-PM.com, Pasca banjir yang melanda lima desa di Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Sabtu (16/01), lalu. Pemerintah Daerah, TNI melalui personel Kodim 1508 Tobelo, dan Personil Polres, Senin (18/01) mulai memulihkan kondisi pasca banjir dengan kerja ekstra di lingkungan dampak banjir.

Bupati Halut Frans Manery mengatakan, selaku pemerintah daerah bersama dengan TNI-Polri, memulihkan kembali pasca Banjir. Pemulihan itu, Pemda, dan TNI - Polri melaksanakan bakti sosial terkait dengan bencana alam yang menimpa di wilayah Kao Barat  akibat luapan air jarena banjit di sungai Wailamo. Akibatnya, lima desa terendam banjir.

“Yang terparah di Desa Bailengit, sehingga kami melaksanakan bakti sosial pembersihan sampah atau timbunan tanah atau pasir bekas sisa-sisa banjir di saluran air, halaman-halaman rumah masyarkat dan sekolah. Sekali lagi saya ucapakan terima kasih kepada pihak TNI-Polri dan masyarakat yang telah bekerja sama dalam bakti sosial ini," katanya.

Sementara Komandan Kodim 1508 Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra, saat di konfirmasi awak media mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat, agar warga bisa cepat beraktivitas seperti biasanya.

“Kita melaksanakan Karya Bakti dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir, supaya dapat meringankan beban masyarakat, sehingga aktifitas warga dapat berjalan seperti semula,” ungkapnya.

Lanjut Dandim, fokus pelaksanaan karya bakti kali ini pembersihan fasilitas umum di dua desa yang merupakan desa terkena dampak bencana paling parah, yaitu Desa Bailengit meliputi pembersihan Polindes, pembersihan parit, pembersihan halaman-halaman rumah, pembersihan kantor Desa, pembersihan sekolah SD Bailengit dan Desa Parseba meliputi pembersihan gereja, pembersihan sekolah SD Parseba, pembersihan halaman-halaman rumah, pembersihan Polindes.

“Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemeriksaan dan pengobatan bagi warga oleh tim Kesehatan Pemkab Halut. Semoga peristiwa ini bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi kita semua untuk memperhatikan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat serta menjaga saluran irigasi agar tidak mampet," akhirinya. (mar/red)

Komentar

Loading...